Apple Bikin Perangkat Kesehatan Khusus, Bukan Apple Watch

Kompas.com - 10/11/2015, 15:48 WIB
CEO Apple, Tim Cook Robert Galbraith/ReutersCEO Apple, Tim Cook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook mengatakan, Apple bakal membuat perangkat wearable di bidang medis, namun bukan Apple Watch.

Menurut Tim Cook, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/11/2015), Apple Watch tidak akan menjadi perangkat medis resmi (yang mengikuti aturan khusus), namun akan membuat produk lain yang seperti demikian.

Hal tersebut diungkapkan Cook dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph.

Cook menjelaskan, jika membuat Apple Watch sebagai peranti medis yang resmi, maka jam tangan pintar itu harus melewati banyak proses pengujian dan sertifikasi yang bisa butuh waktu lama oleh FDA (Food and Drug Administration).

Selain itu, rangkaian proses tersebut juga bisa memperlambat siklus produk dan inovasi Apple.

Namun demikian, Cook mengatakan Apple berpikir untuk memasang sesuatu dalam Apple Watch yang berkaitan dengan kesehatan.

"Anda bisa mulai mencoba hal lain yang berkaitan dengannya (kesehatan), mungkin sebuah aplikasi atau hal lainnya," demikian kata Cook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah produk kesehatan harus melalui pengujian oleh badan Food and Drug Administration (FDA) di AS jika akan dipakai untuk mendiagnosa atau merawat suatu penyakit.

Bisa disimpulkan, perangkat kesehatan Apple nantinya bukan hanya melacak aktivitas detak jantung saja, namun lebih dari hal itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.