Mengatur Mode "Do Not Disturb" di Android M

Kompas.com - 11/11/2015, 09:20 WIB
Patung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California. Wicak Hidayat/KompasTeknoPatung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California.
|
EditorWicak Hidayat


KOMPAS.com -
Android 6.0 Marshmallow teranyar hadir dengan fitur mode "Do Not Disturb". Fungsinya mengatur ponsel dan tablet agar tak mengganggu pengguna dengan panggilan, pesan atau notifikasi, pada saat-saat tertentu.

Fitur ini merupakan pengembangan dari "Priority" yang disematkan pada Android 5.0 Lollipop. Salah satu pengembangannya, "Do Not Disturb" dapat mengatur secara lebih signifikan gangguan seperti apa yang ingin ditolak mentah-mentah dan mana yang "dibiarkan tetap mengganggu".

Dilansir KompasTekno, Senin (9/11/2015) dari PhoneArena, berikut langkah-langkah mengatur aplikasi prioritas yang bakal dibiarkan mengganggu, serta yang tak diizinkan menganggu.

PhoneArena Menyetel aplikasi prioritas pada fitur Do Not Disturb

Pertama-tama, pengguna harus membuka opsi "Setting" pada ponsel. Lalu, gulir ke bawah hingga menemukan "Sound & Notifications".

Masuk di dalamnya, akan ada pilihan "App Notifications". Di situ bakal muncul aplikasi-aplikasi yang telah diunduh pengguna untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Di antara aplikasi-aplikasi itu, tentu ada yang benar-benar pengguna butuhkan informasinya, di situasi dan kondisi apapun. Antara lain (mungkin) aplikasi email, pesan singkat, atau pengingat pertemuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PhoneArena Menyetel aplikasi prioritas pada fitur Do Not Disturb

Nah, pengguna bisa mengaktifkan notifikasi aplikasi prioritas tersebut dengan menyetel "Treat as Priority" pada aplikasi.

Sementara itu, untuk aplikasi-aplikasi yang dirasa notifikasinya tak terlalu penting, pengguna bisa membiarkan ponsel tak mengganggu jika ada notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Selamat mencoba!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.