Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Andromax 4G Bisa Menelepon Pakai VoLTE

Kompas.com - 12/11/2015, 08:13 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
SERPONG, KOMPAS.com - Setelah meresmikan jaringan internet cepat 4G LTE Advanced (LTE-A) pada Agustus lalu, Smartfren Telecom langsung merencanakan layanan lain berbasis 4G.

Operator seluler ini akan menghadirkan layanan suara Voice Over Long Time Evolution (VoLTE) pada tahun depan.

Chief Technical Officer Smartfren, Cristian Daigneault mengatakan, saat ini layanan VoLTE Smartfren sudah sampai pada pengujian akhir dan direncanakan akan diluncurkan pada awal tahun 2016 mendatang.

"Karakteristik dari 4G LTE-A adalah VoLTE. Layanan ini memiliki kelebihan dibanding 3G, panggilan telepon (call setup) yang cepat dan kualitas suara yang lebih jernih," kata Christian pada acara uji jaringan 4G LTE Smartfren Jabodetabek, Rabu (11/11/2015).

Untuk dapat menikmati teknologi tersebut, Christian mengatakan perangkat yang dipakai, baik oleh penelepon maupun penerima harus mendukung kemampuan VoLTE.

Salah satu perangkat Smartfren yang saat ini sudah mendukung layanan tersebut adalah Andromax R. Ponsel ini juga yang digunakan sebagai perangkat uji coba dalam rangkaian acara drive test di kantor Smartfren BSD, Serpong.

Dalam pengujian tersebut, panggilan telepon yang dilakukan di Andromax R langsung terdengar di perangkat penerima kurang dari dua detik. Pantauan KompasTekno, suara yang terdengar benar-benar jernih dan tanpa jeda.

Panggilan video pun dimungkinkan dilakukan pada layanan VoLTE. Panggilan video call sempat didemokan pada kesempatan yang sama, hasilnya suara dan tampilan video berjalan cukup lancar.

Selain Andromax R, perangkat lain yang sudah mendukung VoLTE adalah Galaxy Note 4, Note 5, dan iPhone 6.

Smartfren menjanjikan, semua perangkat Andromax 4G akan kedatangan fitur VoLTE pada kuartal 1 2016. Tambahan fitur ini akan datang melalui update software via over the air (OTA).
Sejauh ini, Smartfren sudah meluncurkan tiga model Andromax 4G, yaitu seri Ec/Ec, Q/Qi, dan R.

Jadi ke depannya, pengguna Andromax 4G bisa menelepon menggunakan VoLTE atau jaringan CDMA. Tak ada perbedaan tarif antar-keduanya.

Smartfren menggunakan dua teknologi pada 4G LTE-nya, yaitu Time Division Duplex (TDD) di 2.300 MHz yang fokus pada kecepatan dan Frequency Division Duplex (FDD) di 850 MHz untuk memperluas jangkauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.