Alibaba Raup Rp 193 Triliun di Hari Jomblo

Kompas.com - 12/11/2015, 12:13 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce China, Alibaba mengaku mencatat transaksi sebesar 91,2 miliar yuan (sekitar Rp 193 triliun) di momen Singles Day sale yang setiap tahunnya digelar pada 11 November (11/11).

Jumlah penjualan tersebut meningkat sekitar 60 persen dari event Singles' Day tahun sebelumnya. Market Watch mencatat penjualan Alibaba pada 2014 adalah 57 miliar yuan.

Dikutip KompasTekno dari Reuters, Kamis (12/11/2015) peningkatan nilai transaksi tersebut disebabkan oleh penambahan sejumlah rekanan (channel) Alibaba yang beragam.

Nilai penjualan yang diumumkan Alibaba tersebut memang belum melalui proses audit, namun dari total nilai transaksi tadi, 68 persen transaksinya diakui Alibaba berasal dari perangkat mobile.

Nilai penjualan Alibaba tersebut mengalahkan gabungan nilai event dua belanja online tahunan di Amerika Serikat (AS), yaitu Cyber Monday dan Black Friday.

Jack Ma selaku pendiri Alibaba dalam selebrasi Singles' Day di Beijing mengatakan, pendapatan event penjualan dari luar China di tahun-tahun depan harus lebih dari 50 persen.

Terkait Singles' Day, perayaan ini sebenarnya berawal dari peringatan hari "jomblo" (pria/wanita tanpa pasangan) di China. Namun Alibaba pada 2009 lalu mengubah event tersebut menjadi event belanja online 24 jam nonstop dengan menawarkan diskon besar-besaran.

Kini transaksi di Alibaba menjadi salah satu tolak ukur daya beli masyarakat China seiring dengan ekonomi yang melamban di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.