Dari Sabang Sampai Bogor, 4G Smartfren Stabil

Kompas.com - 12/11/2015, 15:16 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorDeliusno
BOGOR, KOMPAS.com - Layanan 4G LTE Smartfren sudah hadir di 22 kota sejak Agustus lalu. Untuk melihat kinerja jaringan internet cepat tersebut, Smartfren menggelar uji coba jaringan 4G LTE Advanced di Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

Pengujian dimulai dari kantor Smartfren di jalan Sabang, singgah di Serpong dan diakhiri di kota Bogor selama dua hari mulai Rabu (11/11/2015).

KompasTekno ikut menjajal internet 4G Smartfren menggunakan ponsel Andromax Q dengan paket True Unlimited. Aplikasi yang digunakan adalah Speedtest dan Npref yang bisa diunduh gratis di Play Store.

Dari jalan Sabang, tim penguji menyusuri jalan Thamrin-Sudirman, masuk tol dalam ke arah Tomang dan menuju Tangerang via tol Jakarta-Tangerang. Sepanjang rute tersebut, pengujian download data menunjukkan hasil yang bervariasi mulai 2,03 Mbps hingga 22,23 Mbps.

Saat tiba di wilayah Alam Sutera, Serpong, didapati kecenderungan kenaikan kecepatan. Puncaknya, 4G LTE Smartfren di area tersebut tembus 52,32 Mbps.

Menurut Head of Network Spesial Project Smartfren Munir SP, kecepatan itu tercapai bisa jadi karena dekat dengan menara BTS dan utilisasi yang rendah.

Meski demikian, Munir mengatakan Smartfren tidak ingin fokus pada kecepatan saja. Yang terpenting apakah dengan kecepatan tinggi tersebut bisa menjamin layanan internet yang digunakan bisa berjalan lancar.

"Percuma dites dapatnya tinggi jika dipakai buka YouTube masih buffering," kata Munir.

Pengujian dilanjutkan ke kota Bogor dengan rute via tol Lingkar Luar Jakarta kemudian masuk tol Jagorawi. Sepanjang jalan bebas hambatan tersebut, hasil download berada pada angka belasan Mbps. Namun di beberapa titik, angkanya sempat drop di bawah 1 Mbps dan streaming YouTube sempat putus.

Menurut Munir, kecepatan turun pada titik-titik di sekitar Bintaro karena jaringan sempat berpindah ke 3G.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.