"Coding" Masuk Kurikulum Sekolah di 2016

Kompas.com - 12/11/2015, 18:30 WIB
Peserta Hackathon Merdeka 2.0 di Code Margonda Depok, Sabtu (24/10/2015). Kegiatan ini serempak diadakan di 28 kota, dengan 1.700 peserta. Code MargondaPeserta Hackathon Merdeka 2.0 di Code Margonda Depok, Sabtu (24/10/2015). Kegiatan ini serempak diadakan di 28 kota, dengan 1.700 peserta.
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong minat anak-anak muda di Indonesia untuk belajar coding, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempat mengutarakan niatnya untuk memasukkan pelajaran coding ke dalam sekolah-sekolah.

Rudiantara mengaku telah bertemu dengan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan membahas masalah tersebut. Dan menurut Rudiantara, pelajaran coding akan diterapkan di jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

"Saya sudah bertemu dengan Pak Anies (Mendikbud) , tadinya ingin di SMA, tapi setelah dipikir-pikir, sekarang untuk SMK dulu," demikian kata Rudiantara saat dijumpai KompasTekno di kantornya, Kamis (12/11/2015).

SMK yang menjadi sekolah kejuruan tersebut dinilai lebih sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

Rencananya, pelajaran coding tersebut akan dimasukkan ke dalam kurikulum mulai tahun 2016 mendatang.

"Bicara detilnya nanti sama Pak Anies lagi, tapi intinya Pak Anies sudah setuju dengan rencana ini," imbuh pria yang kerap disapa Chief RA tersebut.

Rudiantara melihat potensi besar dari generasi muda pencipta aplikasi di Indonesia. Ia menilai, jika saat ini sudah banyak anak-anak muda yang berprestasi dalam hal coding, sementara  pelajaran coding saja belum terdapat di sekolah-sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selama ini mereka kan otodidak, kalau otodidak aja seperti ini (banyak prestasi), gimana kalau masuk ke sekolah-sekolah," pungkas Rudiantara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.