Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Coding" Masuk Kurikulum Sekolah di 2016

Kompas.com - 12/11/2015, 18:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong minat anak-anak muda di Indonesia untuk belajar coding, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempat mengutarakan niatnya untuk memasukkan pelajaran coding ke dalam sekolah-sekolah.

Rudiantara mengaku telah bertemu dengan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan membahas masalah tersebut. Dan menurut Rudiantara, pelajaran coding akan diterapkan di jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

"Saya sudah bertemu dengan Pak Anies (Mendikbud) , tadinya ingin di SMA, tapi setelah dipikir-pikir, sekarang untuk SMK dulu," demikian kata Rudiantara saat dijumpai KompasTekno di kantornya, Kamis (12/11/2015).

SMK yang menjadi sekolah kejuruan tersebut dinilai lebih sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

Rencananya, pelajaran coding tersebut akan dimasukkan ke dalam kurikulum mulai tahun 2016 mendatang.

"Bicara detilnya nanti sama Pak Anies lagi, tapi intinya Pak Anies sudah setuju dengan rencana ini," imbuh pria yang kerap disapa Chief RA tersebut.

Rudiantara melihat potensi besar dari generasi muda pencipta aplikasi di Indonesia. Ia menilai, jika saat ini sudah banyak anak-anak muda yang berprestasi dalam hal coding, sementara  pelajaran coding saja belum terdapat di sekolah-sekolah.

"Selama ini mereka kan otodidak, kalau otodidak aja seperti ini (banyak prestasi), gimana kalau masuk ke sekolah-sekolah," pungkas Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com