Kompas.com - 13/11/2015, 10:39 WIB
Aplikasi Facebook Notify. FacebookAplikasi Facebook Notify.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook secara resmi memperkenalkan aplikasi berita Notify, yang menampilkan notifikasi berisi berita-berita terbaru dan konten lainnya di layar lockscreen smartphone.

Aplikasi ini masih dalam tahap uji coba dan baru tersedia bagi pengguna platform iOS di Amerika Serikat. Negara lain akan menyusul dalam waktu mendatang.

Langkah Facebook ini disinyalir sebagai usaha untuk menghadang Twitter. Bedanya, pengguna Notify bisa memilih konten berita sesuai pilihan atau relevansi, bukan semua berita yang disodorkan oleh suatu akun Twitter.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Kamis (12/11/2015), pengguna Notify bisa mem-follow situs berita atau "stasiun" tertentu yang akan mendorong konten berita sepanjang hari di layar lockscreen.

Notifikasi itu hanya rangkuman informasi seperti Headline, namun tautan dalam notifikasi itu akan membawa pengguna ke situs berita yang dimaksud. Berita bisa disimpan atau dibaca belakangan, atau dibagikan dengan teman melalui Facebook.

Namun demikian, Facebook menolak jika aplikasinya itu disebut sebagai news reader, sebab iPhone sendiri juga memiliki fitur yang serupa yaitu Apple News. Alasan Facebook adalah, Notify tidak hanya memberikan konten berita, melainkan juga video musik dari Vevo, atau penawaran-penawaran harian dari Groupon.

Facebook sendiri juga telah memiliki News Feed untuk penjelajahan konten. Saat ini, News Feed telah dipakai oleh 1,5 miliar orang di Facebook tiap bulannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Michael Cerda, Product Director Facebook mengatakan bahwa perbedaan Notify adalah tidak terikat dengan notifikasi Facebook.

"Orang punya banyak cara untuk mengonsumsi informasi, seperti di situs pencarian atau media sosial, dan kami rasa push notification adalah cara lainnya," ujar Cerda.

"Kami melihatnya sebagai media yang tengah berubah dan ingin menjadi bagiannya," imbuh Cerda.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.