Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Pakai Notifikasi untuk Sebar Berita

Kompas.com - 13/11/2015, 10:39 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Facebook secara resmi memperkenalkan aplikasi berita Notify, yang menampilkan notifikasi berisi berita-berita terbaru dan konten lainnya di layar lockscreen smartphone.

Aplikasi ini masih dalam tahap uji coba dan baru tersedia bagi pengguna platform iOS di Amerika Serikat. Negara lain akan menyusul dalam waktu mendatang.

Langkah Facebook ini disinyalir sebagai usaha untuk menghadang Twitter. Bedanya, pengguna Notify bisa memilih konten berita sesuai pilihan atau relevansi, bukan semua berita yang disodorkan oleh suatu akun Twitter.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Kamis (12/11/2015), pengguna Notify bisa mem-follow situs berita atau "stasiun" tertentu yang akan mendorong konten berita sepanjang hari di layar lockscreen.

Notifikasi itu hanya rangkuman informasi seperti Headline, namun tautan dalam notifikasi itu akan membawa pengguna ke situs berita yang dimaksud. Berita bisa disimpan atau dibaca belakangan, atau dibagikan dengan teman melalui Facebook.

Namun demikian, Facebook menolak jika aplikasinya itu disebut sebagai news reader, sebab iPhone sendiri juga memiliki fitur yang serupa yaitu Apple News. Alasan Facebook adalah, Notify tidak hanya memberikan konten berita, melainkan juga video musik dari Vevo, atau penawaran-penawaran harian dari Groupon.

Facebook sendiri juga telah memiliki News Feed untuk penjelajahan konten. Saat ini, News Feed telah dipakai oleh 1,5 miliar orang di Facebook tiap bulannya.

Michael Cerda, Product Director Facebook mengatakan bahwa perbedaan Notify adalah tidak terikat dengan notifikasi Facebook.

"Orang punya banyak cara untuk mengonsumsi informasi, seperti di situs pencarian atau media sosial, dan kami rasa push notification adalah cara lainnya," ujar Cerda.

"Kami melihatnya sebagai media yang tengah berubah dan ingin menjadi bagiannya," imbuh Cerda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com