Ketika Mobil Tanpa Sopir Milik Google Distop Polisi

Kompas.com - 13/11/2015, 13:16 WIB
Mobil tanpa sopir milik Google dihentikan oleh polisi karena berjalan terlalu lambat Zandr MilewskiMobil tanpa sopir milik Google dihentikan oleh polisi karena berjalan terlalu lambat
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sebuah mobil otomatis yang melaju tanpa sopir dihentikan dan dimintai keterangan oleh polisi di Mountain View, Amerika Serikat. Mobil milik Google tersebut dihentikan oleh polisi dengan alasan bergerak terlalu lambat.

Seorang bernama Zandr Milewski memotret peristiwa tersebut dan mengunggahnya ke Facebook. Penilangan itu pun menjadi viral dan dikomentari oleh banyak orang.

Dalam foto hasil jepretan kamera Milewski terlihat seorang polisi sedang berdiri di samping mobil otomatis Google. Tampak polisi itu seolah-olah akan menilang pengendara.

Seperti dilansir KompasTekno dari Business Insider, Jumat (13/11/2015), pria itu mengatakan sempat bertanya kepada orang yang menumpang di mobil otomatis tersebut ketika polisi menghentikan laju kendaraan.

Menurut dia, polisi menghentikan mobil tersebut karena bergerak terlalu lambat. Saat mobil berhenti, sang penegak hukum cuma hendak bertanya mengapa mobil berjalan begitu lambat.

Ada kemungkinan bahwa Mountain View Police Department tidak memiliki kategori Neighborhood Electric Vehicle (NEV) untuk menyebut mobil otomatis itu.

NEV biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan kendaraan yang kemampuan geraknya sengaja dibatasi menjadi lebih lambat, misalnya pada mobil listrik atau mobil otomatis. Kendaraan buatan Google itu masih diuji coba sehingga kecepatannya dibatasi maksimal 40 km per jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raksasa mesin pencari tersebut pun langsung menanggapi peristiwa ini melalui akun Google Plus khusus untuk Self-Driving Car Project.

"Kami ingin (mobil otomatis) terasa lebih ramah dan mudah didekati ketimbang membuatnya ngebut di jalanan. Namun, seperti yang terjadi pada petugas kepolisian ini, kadang memang ada orang yang menghentikan karena ingin tahu lebih lanjut mengenai proyek kami," tulis Google.

"Setelah 1,2 juta mil perjalanan mobil tanpa sopir (nilai ini setara dengan orang yang berpengalaman mengemudi selama 90 tahun), kami dengan bangga mengatakan tidak pernah ditilang," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.