Kompas.com - 14/11/2015, 12:19 WIB
Polisi Perancis mengamankan daerah di sekitar gedung konser Bataclan, Jumat (13/11/2015) malam, setelah terjadi serangan maut di tempat itu. Reuters/BBCPolisi Perancis mengamankan daerah di sekitar gedung konser Bataclan, Jumat (13/11/2015) malam, setelah terjadi serangan maut di tempat itu.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kota Paris dilanda kepanikan besar. Berbagai serangan serentak terjadi, berupa penembakan dan bom bunuh diri, di beberapa sudut ibu kota Perancis ini pada Jumat malam (13/11/2015).

Akibat serangan itu, warga Paris langsung bersatu untuk membuat kondisi kota kondusif. Ada berbagai cara yang dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat tagar (hashtag) #PorteOuverte di linimasa Twitter.

Apabila diterjemahkan, tagar tersebut dapat diartikan sebagai #PintuTerbuka. Tagar tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari USA Today, digunakan oleh warga Twitter di Paris untuk menawarkan tempat tinggal sementara bagi yang membutuhkan.

Setelah kejadian penembakan, kepanikan besar memang terjadi di mana-mana. Pemerintah memang belum menghentikan fasilitas transportasi, tetapi tetap saja ada warga atau turis yang bingung harus pergi ke mana.

Nah, tagar tersebut bisa dicari di Twitter sebagai penanda adanya tawaran tempat tinggal sementara. Selain itu, tagar tersebut juga bisa digunakan bagi pengguna yang membutuhkan tempat sementara.

"Jika Anda berada di Paris dan berusaha menemukan tempat berteduh, cari hashtag #PorteOuverte. Orang-orang akan menyambut Anda! Jangan tinggal di luar!," kicau salah satu akun Twitter.

Tagar itu sendiri saat ini masuk ke daftar trending topic dunia. Warga dunia di Twitter pun memuji inisiatif warga Paris tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain melalui linimasa Twitter, para supir taksi di Paris juga berperan mengatasi kepanikan dengan mematikan argo armadanya. Taksi-taksi menawarkan tumpangan gratis bagi warga yang ingin kembali ke rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, diketahui ada beberapa serangan di kota Paris, Perancis. Pejabat Perancis menyatakan, setidaknya 153 orang tewas dalam peristiwa tersebut di Paris dan Saint-Denis, tempat stadion Stade de France berada.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber USA Today

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.