Pelajaran "Coding" Disarankan Sejak Sekolah Dasar

Kompas.com - 14/11/2015, 20:05 WIB
Ilustrasi coding Ilustrasi coding
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informasi ( Kemenkominfo) Rudiantara menargetkan pelajaran "coding" masuk ke kurikulum pendidikan, 2016 mendatang.

Pertama-tama, pelajaran tersebut akan diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Artinya, baru pada usia sekitar 16 tahun anak-anak mulai dibekali pengetahuan terkait pemrograman komputasi.

CTO Amazon.com Werner Vogels mendukung langkah tersebut, walau menganggapnya sedikit terlambat. "Harusnya dari sekolah dasar sudah diajarkan," kata dia, Rabu (10/11/2015) di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat.

Sebab, Vogels menilai hari ini semua hal bermuara pada software yang diprogram melalui sistem komputasi. Ke depan, peran software akan lebih dominan.

"Implementasi Internet of Thins, aplikasi yang makin erat kita gunakan, perangkat elektronik, semua teknologi sumbunya adalah software," ia menjelaskan.

Jika diajarkan sejak dini kepada anak-anak, Vogels optimis suatu negara mampu membawa perubahan dan inovasi masa depan yang mumpuni.

"Makin banyak orang belajar programming, semakin banyak inovasi ke depan," ia berujar.

Selain itu, pelajaran cloud juga menurut dia penting untuk diejawantahkan ke dalam kurikulum. Saat ini sistem penyimpanan komputasi awan tersebut marak digunakan untuk pengembangan enterprise, startup, bahkan sistem lembaga pemerintahan.

Walau kedengarannya simpel, sesungguhnya arsitektur sistem cloud cukup ruwet dipahami. Untuk itu, jika anak-anak diajarkan sejak kecil, efisiensi dan efektivitas pemrograman akan lebih mudah dilakukan.

"Jika ingin sukses di masa depan, penting sekali mempelajari software dan cloud. Kedua hal itu akan sangat dibutuhkan," kata Vogels.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X