Menyusun Arsitektur Cloud untuk Startup Tak Perlu Ruwet

Kompas.com - 15/11/2015, 15:08 WIB
Ilustrasi cloud computing istIlustrasi cloud computing
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - "Sangat penting untuk memulai segala hal dari langkah yang paling simpel," kata CTO Amazon.com Werner Vogels, Selasa (10/11/2015) di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat.

Menurut dia, manajemen sistem paling sukses dan kompleks sekalipun, seyogyanya diawali dari langkah kecil. Prinsip itu yang selalu ia ingatkan ke para pelanggan layanan cloud Amazon Web Services (AWS).

Terutama bagi para pengembang startup pemula yang ingin memanfaatkan sistem komputasi cloud untuk mempermudah inovasi secara efisien dan efektif, Vogels mengimbau agar tak serta-merta membuat arsitektur sistem cloud yang ruwet.

"Kalau dari awal sistemnya sudah kompleks, akan jadi rumit pengembangannya," kata dia.

Setidaknya, ada beberapa layanan paling dasar yang dianggap akan sangat membantu para pengembang pemula. Berikut di antaranya.

Pertama, "AWS Lambda". Yakni layanan komputasi pintar yang berfungsi memangkas langkah-langkah kerja pengembang dalam membangun aplikasi.

Pengembang cukup menulis kode dan menentukan pemicu event. Selanjutnya Lambda akan menjalankan kode itu secara otomatis. Mode ini akan menghemat banyak waktu dan duit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, "AWS Mobile Hub". Yakni layanan baru dari AWS yang dikhususkan untuk para pengembang aplikasi mobile. "Sangat direkomendasikan untuk pengembang startup dan game mobile," ujar Vogels.

Mobile Hub akan membantu pengembang memilih langkah-langkah kerja aplikasi mobile dengan cara yang lebih simpel. Layanan ini juga akan mempersingkat langkah pengembang dalam mensinkronisasi perangkat dengan cloud yang berisi konten produk.

"Mobile Hub memastikan gambar dan konten yang tersimpan di cloud akan tersalurkan dengan baik ke pengguna lewat perangkat apapun," Vogels menjelaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.