Kompas.com - 16/11/2015, 10:01 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Selama tiga hari, serombongan media dari Indonesia dibawa keliling Mountain View. Tepatnya, kami dibawa berkeliling kantor Google dan bertemu dengan banyak orang hebat di sana.

Pengalaman yang relatif singkat itu memang masih menyisakan banyak pertanyaan, namun ada juga pelajaran dan pengalaman menarik yang bisa didapatkan dari sana.

Meminjam judul film Riri Riza, tiga hari yang hanya sebentar itu, boleh dikatakan menyisakan sesuatu yang akan dikenang selamanya.

Lewat mini seri "Tiga Hari di Silicon Valley", saya akan mencoba mengurai beberapa pengalaman dan pelajaran dari raksasa Silicon Valley itu yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

Gara-gara Jokowi

Perjalanan kami ke Silicon Valley adalah bagian dari hiruk-pikuk kunjungan pemerintah Republik Indonesia ke tempat yang penuh mitos itu.

Awalnya, Presiden RI Joko Widodo, populer dengan sebutan Jokowi, yang dijadwalkan bakal menyambangi wilayah tersebut di akhir Oktober.

Di antara rencana kunjungan Jokowi adalah pertemuan dengan Google, notabene salah satu raksasa paling sukses di Silicon Valley saat ini.

Kami pun diberangkatkan untuk acara tersebut. Khusus untuk kunjungan Jokowi ke Google.

Sebuah kafilah sederhana yang terdiri dari 11 jurnalis -- dari 9 media -- yang berangkat dari Jakarta ke Mountain View, sebuah  kota kecil sekian kilometer sebelah selatan San Francisco yang indah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.