Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Teror Paris Pakai PlayStation 4 untuk Berkomunikasi

Kompas.com - 16/11/2015, 12:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Forbes
KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Federal Belgia Jan Jambon mengatakan, pihak ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) menggunakan konsol game PlayStation 4 (PS4) untuk berkomunikasi, merencanakan serangan, dan merekrut anggota.

Menurut Jambon, PlayStation 4 bisa jadi dipakai oleh kelompok ISIS, yang telah mengklaim sebagai otak dari teror di Paris, karena sulit untuk dimonitor.

"(Pesan di) PlayStation 4 lebih sulit untuk dilacak ketimbang (aplikasi pesan instan) WhatsApp," ujar Jambon seperti dikutip KompasTekno dari Xpats.com, Senin (16/11/2015).

Pihak Kepolisian Belgia telah menggerebek tiga orang warganya yang diduga terkait dengan serangan brutal di Paris. Di dalam rumah yang dijadikan sebagai basis operasi tersebut ditemukan adanya konsol PlayStation 4.

"Saya selalu kepikiran orang yang berada di belakang komputer (yang ditangkap Kepolisian Belgia). Ia membaca pesan-pesan dari anggota ISIS," kata Jambon.

Jambon pun memperingatkan bahwa konsol PS4 itu kini sedang digemari oleh para teroris sebagai sarana komunikasi karena sulit dilacak.

Wired Playstation 4
PS4 memang menggunakan komunikasi suara berbasis IP (IP-based), yang lebih sulit untuk disadap, seperti halnya komunikasi sistem peer-to-peer lainnya.

Kesulitan memonitor komunikasi dalam konsol game juga semakin sulit, mengingat banyaknya game yang menawarkan metode komunikasi di dalamnya.

Pengguna bisa melakukan voice chat, berkirim pesan teks, atau bahkan mengirim pesan sementara, seperti di game Call of Duty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com