Pelaku Teror Paris Pakai PlayStation 4 untuk Berkomunikasi

Kompas.com - 16/11/2015, 12:25 WIB
Tampilan Menu PlayStation Network (PSN) dalam bahasa Arab. istTampilan Menu PlayStation Network (PSN) dalam bahasa Arab.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Federal Belgia Jan Jambon mengatakan, pihak ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) menggunakan konsol game PlayStation 4 (PS4) untuk berkomunikasi, merencanakan serangan, dan merekrut anggota.

Menurut Jambon, PlayStation 4 bisa jadi dipakai oleh kelompok ISIS, yang telah mengklaim sebagai otak dari teror di Paris, karena sulit untuk dimonitor.

"(Pesan di) PlayStation 4 lebih sulit untuk dilacak ketimbang (aplikasi pesan instan) WhatsApp," ujar Jambon seperti dikutip KompasTekno dari Xpats.com, Senin (16/11/2015).

Pihak Kepolisian Belgia telah menggerebek tiga orang warganya yang diduga terkait dengan serangan brutal di Paris. Di dalam rumah yang dijadikan sebagai basis operasi tersebut ditemukan adanya konsol PlayStation 4.

"Saya selalu kepikiran orang yang berada di belakang komputer (yang ditangkap Kepolisian Belgia). Ia membaca pesan-pesan dari anggota ISIS," kata Jambon.

Jambon pun memperingatkan bahwa konsol PS4 itu kini sedang digemari oleh para teroris sebagai sarana komunikasi karena sulit dilacak.

Wired Playstation 4
PS4 memang menggunakan komunikasi suara berbasis IP (IP-based), yang lebih sulit untuk disadap, seperti halnya komunikasi sistem peer-to-peer lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesulitan memonitor komunikasi dalam konsol game juga semakin sulit, mengingat banyaknya game yang menawarkan metode komunikasi di dalamnya.

Pengguna bisa melakukan voice chat, berkirim pesan teks, atau bahkan mengirim pesan sementara, seperti di game Call of Duty.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.