Kompas.com - 16/11/2015, 14:46 WIB
|
EditorReza Wahyudi
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Walau masih terbatas di beberapa spot saja, jaringan 4G LTE Telkomsel resmi hadir di wilayah Yogyakarta, Sabtu (14/11/2015) lalu. Sekencang apa kecepatan internet 4G Telkomsel di Yogyakarta?

Berdasar pengalaman KompasTekno, kecepatan 4G LTE Telkomsel bervariasi di beberapa wilayah berbeda.

Setibanya di bandara Adisucipto, Yogyakarta, jaringan 4G Telkomsel di frekuensi 1.800 MHz langsung tertangkap smartphone. KompasTekno pun melakukan serangkaian pengujian dengan aplikasi Speedtest dan nPerf.

Speedtest Kecepatan 4G LTE Telkomsel di bandara Adisucipto, Yogyakarta.
Hasilnya, kecepatan download puncak 4G Telkomsel mencapai 15 Mbps, sementara upload-nya 6 Mbps.

Sementara di pusat kota, di sekitaran tugu Pal Putih Yogyakarta, KompasTekno melakukan pengujian dengan aplikasi nPerf. Di tengah kota, jaringan 4G Telkomsel memiliki kecepatan download 40 Mbps dan upload hingga 23 Mbps.

nPerf Kecepatan 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta
Bergeser ke wilayah sepanjang Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, hingga Alun-Alun Selatan, kecepatan 4G Telkomsel bervariasi antara 8 hingga 60 Mbps.

ist 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta
Perlu diingat, pengujian dilakukan saat awal-awal layanan 4G LTE baru digelar di yogyajarta, dimana jumlah penggunanya masih sedikit, alias jalur frekuensinya masih lengang.

Jumlah pelanggan Telkomsel yang telah memiliki smartphone berteknologi 4G di Yogyakarta sendiri menurut Direktur Pemasaran Telkomsel, Masúd Khamid, saat ini mencapai 54.000 hingga 60.000.

Merekalah target utama Telkomsel yang diajak untuk mengadopsi layanan 4G LTE-nya.

Untuk menggelar layanan 4G LTE, Telkomsel menyiapkan 44 BTS di lingkar dalam kota Yogyakarta sebagai tahap awal. Telkomsel mengklaim dengan  jumlah BTS tersebut bisa melayani 55 persen pengguna layanan internet mobile Telkomsel di Kota Yogyakarta.

Ke depannya, Telkomsel akan melipatgandakan jaringan BTS-nya hingga 95 persen penduduk Kota Yogyakarta tercakup layanan 4G LTE-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.