Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Telkomsel di Yogyakarta Tembus 60 Mbps

Kompas.com - 16/11/2015, 14:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Walau masih terbatas di beberapa spot saja, jaringan 4G LTE Telkomsel resmi hadir di wilayah Yogyakarta, Sabtu (14/11/2015) lalu. Sekencang apa kecepatan internet 4G Telkomsel di Yogyakarta?

Berdasar pengalaman KompasTekno, kecepatan 4G LTE Telkomsel bervariasi di beberapa wilayah berbeda.

Setibanya di bandara Adisucipto, Yogyakarta, jaringan 4G Telkomsel di frekuensi 1.800 MHz langsung tertangkap smartphone. KompasTekno pun melakukan serangkaian pengujian dengan aplikasi Speedtest dan nPerf.

Speedtest Kecepatan 4G LTE Telkomsel di bandara Adisucipto, Yogyakarta.
Hasilnya, kecepatan download puncak 4G Telkomsel mencapai 15 Mbps, sementara upload-nya 6 Mbps.

Sementara di pusat kota, di sekitaran tugu Pal Putih Yogyakarta, KompasTekno melakukan pengujian dengan aplikasi nPerf. Di tengah kota, jaringan 4G Telkomsel memiliki kecepatan download 40 Mbps dan upload hingga 23 Mbps.

nPerf Kecepatan 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta
Bergeser ke wilayah sepanjang Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, hingga Alun-Alun Selatan, kecepatan 4G Telkomsel bervariasi antara 8 hingga 60 Mbps.

ist 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta
Perlu diingat, pengujian dilakukan saat awal-awal layanan 4G LTE baru digelar di yogyajarta, dimana jumlah penggunanya masih sedikit, alias jalur frekuensinya masih lengang.

Jumlah pelanggan Telkomsel yang telah memiliki smartphone berteknologi 4G di Yogyakarta sendiri menurut Direktur Pemasaran Telkomsel, Masúd Khamid, saat ini mencapai 54.000 hingga 60.000.

Merekalah target utama Telkomsel yang diajak untuk mengadopsi layanan 4G LTE-nya.

Untuk menggelar layanan 4G LTE, Telkomsel menyiapkan 44 BTS di lingkar dalam kota Yogyakarta sebagai tahap awal. Telkomsel mengklaim dengan  jumlah BTS tersebut bisa melayani 55 persen pengguna layanan internet mobile Telkomsel di Kota Yogyakarta.

Ke depannya, Telkomsel akan melipatgandakan jaringan BTS-nya hingga 95 persen penduduk Kota Yogyakarta tercakup layanan 4G LTE-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com