Windows 3.1 Lumpuhkan Bandara di Paris

Kompas.com - 16/11/2015, 20:34 WIB
Tampilan Windows 3.1 istTampilan Windows 3.1
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bandara Orly yang terletak di sebelah selatan Paris pada Sabtu (14/11/2015) lalu lumpuh. Gara-garanya, error di komputer bandara yang masih memakai sistem operasi jadul, Windows 3.1.

Windows 3.1 adalah sistem operasi yang mulai dipasarkan oleh Microsoft 23 tahun yang lalu, atau sejak 1992.

Dikutip KompasTekno dari Vice News, Senin (16/11/2015), Windows 3.1 tersebut dipakai di sistem komputer yang menjalankan software informasi cuaca, DECOR.

Karena bermasalah, informasi cuaca dari menara pengawas (ATC) tidak bisa didistribusikan ke pilot yang ada di dalam kokpit pesawat. Padahal pilot membutuhkan informasi tersebut pada saat takeoff/landing di bandara Orly.

Informasi yang disampaikan DECOR termasuk informasi vital, seperti runway visual range (RVR) atau jarak pandang pilot terhadap runway.

"Software yang dipakai oleh ATC Aéroports de Paris (ADP) berjalan di empat sistem operasi berbeda, umurnya bervariasi antara 10 hingga 20 tahunan," ujar Alexandre Fiacre, Sekjen serikat ATC Prancis.

Ditambahkan Fiacre, beberapa software yang dipakai ADP juga berjalan dengan software Linux tahun 80-an, yaitu UNIX, selain OS Microsoft Windows XP. Windows XP sendiri saat ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak Microsoft.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Fiacre, masalah yang terjadi pada Sabtu lalu itu terjadi karena pekerja kadang malas melakukan pekerjaan pemeliharaan (maintenance). Selain itu, orang-orang yang menguasai (ahli) sistem operasi lama itu juga kian langka.

"Salah satu bakal pensiun tahun depan, dan kami belum punya penggantinya hingga kini," kata fiacre.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Vice News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.