Penataan Frekuensi Selesai, 4G Tahap Dua Siap Dijalankan

Kompas.com - 17/11/2015, 08:36 WIB
(rompi cokelat) Dirjen SDPPI Muhammad Budi Setiawan Kemenkominfo(rompi cokelat) Dirjen SDPPI Muhammad Budi Setiawan
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan frekuensi 1.800 MHz di seluruh Indonesia resmi selesai per Selasa (17/11/2015) dini hari tadi. Dengan selesainya penataan, teknologi internet cepat 4G LTE sudah bisa diterapkan di mana pun, sesuai dengan pertimbangan operator penyelenggaranya.

"Penataan 1.800 MHz klaster terakhir (Jakarta dan sekitarnya) sudah selesai dini hari tadi. Lebih cepat seminggu dari jadwal semula 23 November 2015," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kemenkominfo, Muhammad Budi Setiawan dalam pesan singkat kepada KompasTekno.

"Refarming 1800MHz sdh selesai seluruhnya secara nasional, dengan demikian komersialisasi 4G di Jabotabek sdh bisa dimulai oleh para operator," imbuhnya.

Seperti diketahui, frekuensi 1.800 MHz harus ditata ulang sebelum bisa digunakan untuk menggelar layanan komunikasi berteknologi 4G LTE. Pasalnya, alokasi frekuensi milik masing-masing operator di spektrum tersebut belum berdampingan, ditambah lagi masih ada yang menggunakannya untuk layanan 2G.

Hingga saat ini Telkomsel, Indosat dan XL sudah menggelar 4G LTE di beberapa wilayah Indonesia menggunakan frekuensi 1.800 MHz. Pemerintah memang mengizinkan penggelaran tersebut dengan syarat penataan di kota yang dituju sudah selesai.

Di Jakarta, baru operator XL Axiata saja yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar 4G LTE, langsung setelah penataan tersebut selesai.

Selain rencana penggelaran di Jakarta, operator yang identik dengan warna biru itu sudah menggelar 4G LTE 1.800 MHz di Surabaya, Mataram dan Denpasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Telkomsel sudah menggelar 4G LTE 1.800 MHz di Manado, Makassar dan Lombok. Mereka juga berencana untuk menggelar teknologi tersebut di empat kota lain, yaitu Batam, Yogyakarta, Balikpapan serta Pekanbaru.

Sedangkan Indosat sudah menggelar 4G LTE 1.800 MHz di Balikpapan. Mereka juga menggelar teknologi internet cepat itu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali menggunakan frekuensi 900 MHz.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.