Kompas.com - 17/11/2015, 10:05 WIB
Salah satu gedung di kantor pusat Google, Mountain View, California. Wicak Hidayat/KompasTeknoSalah satu gedung di kantor pusat Google, Mountain View, California.
EditorWicak Hidayat

Tulisan ini adalah bagian dari mini seri "Tiga Hari di Silicon Valley”, sebuah rangkaian tulisan yang mencoba mengurai beberapa pengalaman dan pelajaran dari kunjungan ke Google, sang raksasa Silicon Valley, yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

KOMPAS.com - Salah satu petinggi Google yang ditemui di markasnya, di Mountain View, California, adalah Caesar Sengupta, VP Product Management yang memimpin upaya bernama The Next Billion User Effort.

“Secara umum, ada satu kesalahpahaman yang sering saya temui (tentang Google) dalam perjalanan saya keliling dunia,” tutur Caesar.

Kesalahpahaman yang dimaksud, lanjutnya, adalah bahwa Google itu perusahaan search alias pencarian belaka. “Pencarian adalah bagian yang besar, dan sangat penting, dari Google. Tapi itu bagian dari rangkaian produk yang luas,” ujarnya.

Menurut Caesar, Google adalah perusahaan platform. Mereka menciptakan berbagai platform tempat berkumpulnya pengguna, baik dari sisi developer (Android), pembuat konten (Google Search) atau pencipta video (YouTube).

Namun, dari semua itu, ada sebuah “saus ajaib” yang dituangkan Google ke semua produknya. “Magic sauce kami, yang kami terapkan pada semua ini, adalah machine learning,” tutur Caesar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wicak Hidayat/KompasTekno Caesar Sengupta, VP Product Management Google yang memimpin upaya bernama The Next Billion User Effort.
Mesin yang Bisa Belajar Sendiri

Machine Learning adalah istilah yang cukup luas, karena merupakan sebuah sub-bidang dari ilmu komputer.

Sederhananya, machine learning mencoba menjawab pertanyaan berikut ini: Bagaimana membuat sistem yang bisa belajar sendiri dan semakin lama semakin baik?

Machine learning melibatkan hal-hal seperti pengenalan pola dan kecerdasan buatan. Algoritma dari sebuah machine learning idealnya bisa mengenali, menarik pelajaran dan melakukan prediksi atas data.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X