Ponsel Pintar… Jalan Produktivitas Hingga Berkah Rupiah

Kompas.com - 17/11/2015, 11:26 WIB
Ilustrasi: Aplikasi Android Ilustrasi: Aplikasi Android
|
EditorPalupi Annisa Auliani

 


KOMPAS.com –
 Awalnya, fashion blogger Diana Rikasari juga adalah wanita karier. Bahkan, sebagian besar hari-hari Diana berisi lebih banyak kegiatan kantoran. Hanya sejumput waktu luang dia pakai untuk memperbarui laman blog, demi hobi memadu-padan pakaian dan aksesoris. Siapa nyana, berkah justru datang dari aktivitas sambilan itu?

Belakangan, kesetiaan Diana memperbarui blog lambat-laun menarik minat sejumlah brand fashion untuk mengiklankan produk di laman-nya. Ternyata, blogging di sela kesibukan kerja kantoran itu mendatangkan ratusan ribu orang untuk bertandang. 

Meski tak gampang menjaga konsistensi memperbarui informasi untuk blog tersebut, Diana juga yang pada akhirnya menuai rupiah setelah jerih payah. Kerja kantoran pun akhirnya dia tinggalkan.

Hal serupa  pada dasarnya dilakukan pula oleh seorang buzzer. Kelihaian menyusun kalimat dalam 140 karakter dalam platform Twitter, misalnya, bisa mendatangkan uang walau dikerjakan sebagai sambilan. Pendapatan dari aktivitas ini pun bisa melebihi gaji bulanan pegawai kantoran. Tentu, bila akun media sosial milik buzzer ini diikuti bejibun follower.

Ketika era semakin bergeser menjadi digital, pintu rezeki pun bertambah banyak. Bahkan lewat ponsel pintar dalam genggaman, rupiah bisa datang dari beragam arah, cukup berbekal koneksi internet. Kerja buzzer adalah salah satu contoh.

Kalaupun bukan tambahan penghasilan yang dituju, ponsel pintar sudah pula menjadi semacam asisten pribadi di tengah mobilitas tinggi pada hari-hari ini. Kehadiran aneka aplikasi di dalamnya, memudahkan kewajiban tertunaikan berdasarkan pencatatan dan notifikasi penjadwalan, memastikan produktivitas terjaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, masih ada saja yang tak mengoptimalkan ponsel pintar dalam genggaman. Kalau Anda salah satu dari mereka, mengunduh sejumlah aplikasi berikut ini barangkali dapat mengawali era optimalisasi peranti komunikasi tersebut, yang bisa jadi juga bakal mendatangkan berkah rupiah:

Pencatat

Saat berada di kelompok usia produktif, banyak ide segar yang lahir begitu saja. Jangan biarkan ide tersebut menguap hanya karena Anda tersibukkan oleh aneka aktivitas lain. Coba unduh aplikasi ponsel dengan fungsi pencatat seperti Notes.

Bila sudah, biasakan mencatat. Ide yang melintas, meski terlihat sederhana. Jangan lupa, aplikasi catatan ini tak hanya mengumpulkan coretan ide tetapi pada dasarnya juga bakal menjadi pengingat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X