Hacker "Anonymous" Lumpuhkan Senjata Digital Pelaku Teror Paris

Kompas.com - 17/11/2015, 12:13 WIB
Ilustrasi Anonymous YouTubeIlustrasi Anonymous
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kelompok peretas Anonymous membuktikan ancaman terhadap kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang mengaku bertanggungjawab sebagai otak insiden berdarah di Paris, minggu lalu.

Hanya dalam satu hari, Anonymous mengklaim berhasil mengambilalih ribuan akun Twitter yang diduga dioperasikan oleh kelompok pendukung ISIS. Akun-akun Twitter tersebut selama ini digunakan sebagai alat propaganda atau penyebar informasi teror yang dilakukan ISIS.

Kabar penguasaan "senjata digital" milik ISIS tersebut diungkapkan langsung oleh Anonymous melalui akun Twitter @opparisofficial, yang khusus dibuat untuk operasi perang cyber ini.

"Lebih dari 3.824 akun Twitter pro #ISIS telah #down! #ExpectUS #OpParis #Anonymous," kicau akun tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Softpedia, Selasa (17/11/2015).

Sebelumnya, Anonymous telah mengunggah video deklarasi perang terhadap ISIS ke situs YouTube.

Ancaman tersebut dilancarkan sebagai respon atas penyerangan penembakan dan pengemboman di kota Paris, Perancis, Jumat (13/11/2015) malam.

Salah satu bentuk perang cyber yang dijalani oleh Anonymous adalah dengan memburu akun kelompok ISIS di Twitter dan mematikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kelompok peretas ini juga membuat situs baru untuk membeberkan akun-akun ISIS di media sosial. Mereka juga membuka akses kepada siapa saja yang ingin melaporkan akun yang diduga milik kelompok pendukung ISIS.

Ancaman perang cyber oleh kelompok Anonymous ini bukan yang pertama. Sebelumnya, kelompok peretas tersebut juga pernah melakukan hal yang sama setelah serangan terjadi di kantor redaksi Charlie Hebdo, Januari lalu.

Adapun ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan sedikitnya 127 orang dan melukai 300 lainnya di beberapa wilayah di kota Paris.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Softpedia

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.