Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar "Coding" Sambil Main Minecraft ala Microsoft

Kompas.com - 18/11/2015, 10:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GeekWire

KOMPAS.com - Microsoft ingin mengajarkan bahasa pemrograman atau yang lebih dikenal dengan "coding" kepada anak-anak di seluruh dunia dengan cara menyenangkan. Strateginya meminjam konsep permainan Minecraft.

Diharapkan, strategi itu bisa menumbuhkan minat anak terhadap "coding", sekaligus mempermudah anak memahami prinsip-prinsip dasar pemrograman.

Lalu, bagaimana mekanisme pembelajarannya?

Dilansir KompasTekno, Selasa (17/11/2015) dari GeekWire, peserta didik akan diajak bermain sambil belajar melalui 14 level game tutorial "coding" gratis ala Minecraft.

Bedanya dengan Minecraft biasa, anak-anak harus menggunakan prinsip ilmu komputer dasar dalam bermain.

Misalnya saat mengklik dan memindahkan blok, anak-anak diarahkan sekaligus membentuk deretan perintah-perintah pemrograman. Saat susunan blok tersebut dijalankan, karakter akan bertindak sesuai perintah yang diprogram.

Tutorial gratis tersebut merupakan hasil kerja sama antara Microsoft dan Code.org. Tutorial bisa dijajal selama acara tahunan "Hour of Code" berlangsung pada Desember mendatang.

Tepatnya selama sepekan, 7-13 Desember 2015, anak-anak di seluruh dunia dapat membuka tautan ini untuk bermain sambil belajar coding.

"Tujuan program ini untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang penting dan bisa dipelajari dengan sangat mudah. Sejujurnya, sekaligus untuk membuat anak-anak ketagihan belajar coding," kata pendiri Code.org Hadi Partovi.

Diketahui, wacana pendidikan "coding" sejak dini kian marak diperbincangkan. Di Indonesia, pemerintah menargetkan pelajaran coding masuk kurikulum pendidikan tingkat SMK, 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GeekWire

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com