Belajar "Coding" Sambil Main Minecraft ala Microsoft

Kompas.com - 18/11/2015, 10:15 WIB
Ilustrasi coding Ilustrasi coding
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft ingin mengajarkan bahasa pemrograman atau yang lebih dikenal dengan "coding" kepada anak-anak di seluruh dunia dengan cara menyenangkan. Strateginya meminjam konsep permainan Minecraft.

Diharapkan, strategi itu bisa menumbuhkan minat anak terhadap "coding", sekaligus mempermudah anak memahami prinsip-prinsip dasar pemrograman.

Lalu, bagaimana mekanisme pembelajarannya?

Dilansir KompasTekno, Selasa (17/11/2015) dari GeekWire, peserta didik akan diajak bermain sambil belajar melalui 14 level game tutorial "coding" gratis ala Minecraft.

Bedanya dengan Minecraft biasa, anak-anak harus menggunakan prinsip ilmu komputer dasar dalam bermain.

Misalnya saat mengklik dan memindahkan blok, anak-anak diarahkan sekaligus membentuk deretan perintah-perintah pemrograman. Saat susunan blok tersebut dijalankan, karakter akan bertindak sesuai perintah yang diprogram.

Tutorial gratis tersebut merupakan hasil kerja sama antara Microsoft dan Code.org. Tutorial bisa dijajal selama acara tahunan "Hour of Code" berlangsung pada Desember mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tepatnya selama sepekan, 7-13 Desember 2015, anak-anak di seluruh dunia dapat membuka tautan ini untuk bermain sambil belajar coding.

"Tujuan program ini untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang penting dan bisa dipelajari dengan sangat mudah. Sejujurnya, sekaligus untuk membuat anak-anak ketagihan belajar coding," kata pendiri Code.org Hadi Partovi.

Diketahui, wacana pendidikan "coding" sejak dini kian marak diperbincangkan. Di Indonesia, pemerintah menargetkan pelajaran coding masuk kurikulum pendidikan tingkat SMK, 2016 mendatang.



Sumber GeekWire

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.