XL Ingin Internet 4G LTE Tidak Pakai Kuota

Kompas.com - 18/11/2015, 10:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, paket internet baik 4G LTE atau yang lainnya terdiri dari pilihan berdasarkan jumlah kuota data yang diterima. Namun di masa yang akan datang, hal ini saja berubah menjadi berdasarkan jenis konten yang diakses.

Pendapat tersebut diungkap oleh Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk. (XL) Dian Siswarini, saat ditemui usai acara peresmian 4G LTE untuk Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Dian menceritakan bahwa mereka tengah menyiapkan sebuah layanan konten untuk pengguna 4G LTE XL. Rencananya layanan tersebut akan dirilis pada 2016 mendatang.

Kendati enggan menceritakan detil yang dimaksud, bos XL itu meyakini bahwa layanan konten tersebut akan jadi salah satu aspek pendorong tumbuhnya ekosistem 4G LTE di Tanah Air.

Dan untuk membuat pengguna internet cepat mereka betah mengakses layanan konten itu, XL mempertimbangkan kemungkinan penerapan paket 4G LTE berdasarkan jenis konten, misalnya video, musik dan lainnya.

"Seharusnya, layanan 4G tak perlu lagi berdasarkan kuota, tetapi berdasarkan konten. Misalnya, paket konten game, konten musik, atau aplikasi. Karena kalau berdasarkan kuota, misalnya 3 GB, itu akan terasa lebih cepat habis seiring koneksi 4G yang lebih cepat," ujarnya, Selasa (17/11/2015).

Konsep layanan 4G berdasarkan konten itu, menurut wanita berkacamata ini, dipertimbangkan menurut perilaku pelanggan. Artinya, pelanggan dapat memanfaatkan kuota data yang dimiliki khusus untuk layanan yang ingin mereka gunakan.

"Konsep semacam ini justru sudah diterapkan di Korea Selatan, Filipina dan Amerika Serikat juga. Kuota itu sudah tidak matter lagi saat ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.