Program Kecerdasan Buatan Lolos Seleksi Universitas Favorit

Kompas.com - 19/11/2015, 09:35 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dirancang oleh National Institute of Informatics di Jepang berhasil mengerjakan tugas ujian masuk ke perguruan tinggi.

Dengan menjawab pertanyaan yang terdiri atas banyak mata pelajaran, program kecerdasan buatan itu mampu mencatat skor di atas rata-rata, yaitu 511 dari nilai maksimal 950.

Skor rata-rata untuk ujian masuk perguruan tinggi di Jepang sendiri adalah 416.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (17/11/2015), dengan skor tersebut, program kecerdasan buatan itu bisa masuk ke 441 perguruan tinggi swasta dan 33 perguruan tinggi negeri  di Jepang dengan kemungkinan sebesar 8/10.

Tim di National Institute of Informatics Jepang telah mengembangkan program kecerdasan buatan itu semenjak 2011 lalu.

Sebelumnya, program kecerdasan buatan ini juga telah diuji dan skornya di bawah rata-rata. Namun kali ini program tersebut justru unggul di bidang matematika dan sejarah dengan jawaban yang nyaris sempurna.

Namun di sisi lain, program kecerdasan buatan itu masih lemah di bidang fisika, karena itu kemampuan pemrosesan bahasa pemrogramannya akan ditingkatkan.

Program yang diberi nama Todai Robot Project tersebut memiliki tujuan untuk menjadi robot pintar yang bisa mesuk ke Tokyo University, universitas paling bergengsi di negara tersebut, sampai-sampai dijuluki Harvard-nya Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.