Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Kecerdasan Buatan Lolos Seleksi Universitas Favorit

Kompas.com - 19/11/2015, 09:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dirancang oleh National Institute of Informatics di Jepang berhasil mengerjakan tugas ujian masuk ke perguruan tinggi.

Dengan menjawab pertanyaan yang terdiri atas banyak mata pelajaran, program kecerdasan buatan itu mampu mencatat skor di atas rata-rata, yaitu 511 dari nilai maksimal 950.

Skor rata-rata untuk ujian masuk perguruan tinggi di Jepang sendiri adalah 416.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (17/11/2015), dengan skor tersebut, program kecerdasan buatan itu bisa masuk ke 441 perguruan tinggi swasta dan 33 perguruan tinggi negeri  di Jepang dengan kemungkinan sebesar 8/10.

Tim di National Institute of Informatics Jepang telah mengembangkan program kecerdasan buatan itu semenjak 2011 lalu.

Sebelumnya, program kecerdasan buatan ini juga telah diuji dan skornya di bawah rata-rata. Namun kali ini program tersebut justru unggul di bidang matematika dan sejarah dengan jawaban yang nyaris sempurna.

Namun di sisi lain, program kecerdasan buatan itu masih lemah di bidang fisika, karena itu kemampuan pemrosesan bahasa pemrogramannya akan ditingkatkan.

Program yang diberi nama Todai Robot Project tersebut memiliki tujuan untuk menjadi robot pintar yang bisa mesuk ke Tokyo University, universitas paling bergengsi di negara tersebut, sampai-sampai dijuluki Harvard-nya Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com