Kompas.com - 20/11/2015, 08:37 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah berkali-kali dirumorkan, iPhone dengan "layar kecil" tampaknya bakal benar-benar dirilis Apple tahun depan. Buktinya, berbagai rumor seputar perangkat terus bermunculan.

Informasi terbaru datang dari Mac Otakara. Blog asal Jepang tersebut memiliki reputasi yang baik, yakni mampu membocorkan informasi produk Apple yang belum dirilis dengan tepat.

Menurut blog tersebut, perusahaan yang berpusat di Cupertino itu sebenarnya sudah mulai memproduksi iPhone "mini" yang memiliki bentang layar 4 inci.

Perangkat yang hingga saat ini masih belum diketahui nama resminya itu--sebut saja iPhone 6c--dikatakan akan hadir dengan "jeroan" yang cukup tinggi.

Salah satunya, produk tersebut menggunakan A8, chipset yang digunakan Apple di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (18/11/2015), iPhone "mini" juga akan dibekali kamera FaceTime HD yang lebih baik, Bluetooth 4.1, dan WiFi 802.11 ac.

Secara umum, ia merupakan versi lebih baru dari iPhone 5s. Meski begitu, tidak diketahui apakah perangkat ini akan menggunakan body berbahan metal atau malah plastik, sama seperti iPhone 5c.

iPhone baru ini dikatakan sudah akan dirilis pada pertengahan tahun pertama 2016.

Sebelumnya, "peramal" andal perangkat Apple, Ming-Chi Kuo juga sudah memprediksikan kehadiran iPhone 4 inci baru ini. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan informasi yang disampaikan.

Salah satunya adalah chipset yang digunakan. Apple dikatakan lebih memilih chipset baru A9, ketimbang A8. Produk tersebut pun disinyalir bakal dirilis pada pertengahan tahun kedua 2016.

Apple sendiri sebenarnya sudah pernah merilis iPhone dengan layar 4 inci beberapa tahun silam. Namun, dalam dua tahun belakangan, Apple memutuskan untuk meninggalkan layar dengan ukuran tersebut dengan merilis iPhone 6. iPhone 6 sendiri memiliki layar berukuran 4,7 inci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.