Kompas.com - 20/11/2015, 10:41 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook sedang menguji coba sebuah fitur penggalangan dana lengkap dengan tombol Donasi di halamannya.

Dengan fitur tersebut, organisasi atau komunitas bisa mengajukan crowdfunding langsung dari laman jejaring sosial tersebut mirip layanan dari Kickstarter.

"Hari ini kami menguji Fundraiser, sebuah alat penggalang dana dan meningkatkan kinerja tombol Donasi, sehingga orang-orang bisa memberikan sumbangan tanpa harus keluar dari Facebook," tulis Vice President of Product Management Facebook Naomi Gleit dalam blog resminya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Facebook Newsroom, Kamis (19/11/2015), Fundraiser dibuat sebagai wadah penggalangan dana bagi organisasi non profit, melalui halaman Facebook mereka.

Menggunakan alat tersebut, mereka bisa menceritakan alasan kampanye, mengumpulkan pendukung, mengumpulkan donasi, serta melacak tahap demi tahap mewujudkan target yang sudah dicanangkan.

Orang-orang bisa memberikan sumbangan dengan cara sederhana lalu membagikan informasi donasi tersebut kepada teman-temannya. Informasi yang dibagikan pun dilengkapi dengan tombol Donasi sehingga siapapun bisa dengan mudah ikut menyumbang.

Tombol Donasi tersebut juga bisa disematkan di Facebook Pages dan konten yang diunggah ke halaman milik masing-masing organisasi.

Saat ini raksasa jejaring sosial tersebut telah bekerja sama dengan total 37 organisasi, diantaranya adalah Mercy Corps, National Multiple Sclerosis Society serta Word Wildlife Fund.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.