Pasang AdBlock, E-mail Yahoo Terancam Gagal Login

Kompas.com - 23/11/2015, 12:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Yahoo mengambil tindakan keras untuk melawan sistem pemblokir iklan. Perusahaan tersebut tengah menguji coba fitur untuk memblokir pengguna Yahoo Mail yang menyematkan "AdBlock" pada browser.

"Oh, kami tak bisa menampilkan Yahoo Mail. Tolong nonaktifkan AdBlock agar bisa menggunakan Yahoo Mail," begitu penjelasan yang tertera pada layar pengguna AdBlock saat membuka Yahoo Mail, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Senin (23/11/2015).

Pro kontra pun mencuat menyusul pemblokiran tersebut. "Siapapun yang mengimplementasikan pemblokiran ini, telah melakukan hal yang sangat buruk," kata salah satu pengguna pada forum AdBlock Plus.

"Saya heran kenapa kalian sangat tak suka dengan iklan. Bagaimana menurutmu para penyedia layanan yang kamu gunakan bisa memperoleh pendapatan?" pengguna lainnya menimpali.

Bahkan, salah satu mantan petinggi divisi produk Yahoo Evan Andrei Herasimchuk, menghujat fitur baru Yahoo Mail lewat akun Twitter-nya @Trenti.

"Jadi @YahooMail telah memblok akun saya karena menggunakan AdBlock. Itu bagus menurut saya. Selamat tinggal! Halo Apple Mail!," begitu tertulis pada status Twitter @Trenti.

Juru bicara Yahoo pun angkat bicara. "Kami terus mengembangkan dan menguji coba produk-produk baru. Pengetesan ini (pemblokiran untuk pengguna AdBlock) kami tes terbatas untuk beberapa pengguna saja," kata dia.

Untuk sementara, pengetesan memang hanya diberlakukan bagi pengguna Yahoo Mail di Amerika Serikat. Yahoo enggan memberi tahu apakah pengetesan ini akan berubah jadi kebijakan mutlak, atau pengetesan akan terlebih dahulu diekspansi ke pengguna di negara-negara lain.

Bagaimanapun, pengujian terbatas ini telah menyisakan ketidakpuasan beberapa pengguna. Mereka telah mendeklarasi bakal beralih ke layanan e-mail lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.