Malware Mirip "Ikan Super" Ditemukan di Laptop Dell

Kompas.com - 24/11/2015, 10:35 WIB
Dell Inspiron 20 Seri 3000 DellDell Inspiron 20 Seri 3000
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Masih ingat malware Superfish atau Ikan Super yang terpasang di laptop baru Lenovo awal tahun ini? Kali ini, malware serupa menempel dalam komputer buatan Dell.

Malware Superfish memiliki kemampuan membongkar enkripsi web pengguna komputer dan membuatnya rentan terhadap serangan cyber. Selain itu, ia juga mampu menyuntikkan iklan-iklan yang menggangu ketika pengguna komputer sedang membuka situs apapun.

Dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, Selasa (24/11/2015), malware yang terselip dalam PC dan laptop baru buatan Dell bertindak mirip dengan Superfish.

Bentuknya berupa sebuah sertifikat digital yang mempermudah penyerang untuk menyamar sebagai Google, Bank of America, serta berbagai situs HTTPS yang seharusnya bisa dipercaya lainnya lain.

Sertifikat keamanan tersebut, yang dikeluarkan oleh entitas eDellRoot, tertanam sebagai sertifikat root dalam dua keluaran mereka, yaitu Ispiron 5000 serta XPS 15.

Selain itu ada juga komputer desktop Dell Inspiron serta beberapa jenis laptop Precision M4800 dan Latitude yang dilaporkan bermasalah serupa.

Artinya, orang dengan kemampuan teknis kelas menengah pun bisa mengekstrak kunci tersebut dan memakainya untuk menandatangani sertifikat TLS di berbagai situs HTTPS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, tergantung pada browser yang digunakan, setiap komputer yang mengandung malware itu akan menerima sesi web tipuan tanpa memberikan peringatan apapun.

Masalah malware ini ditemukan oleh seorang pelanggan Dell bernama Joe Nord. Dia mengaku sebagai programmer serta menunjukkan keberadaan sertifikat eDellRoot yang muncul dalam Microsoft Management Console.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.