Kompas.com - 24/11/2015, 12:07 WIB
Keyboard fisik QWERTY BlackBerry Priv. BlackBerryKeyboard fisik QWERTY BlackBerry Priv.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - BlackBerry baru merilis smartphone Android pertamanya, Priv, beberapa pekan lalu. Kini, rumor seputar perangkat Android keduanya mulai bermunculan.

Salah satunya terkait dengan komponen chipset (SoC-system on Chip) yang akan dipakai penerus Priv tersebut.

Berdasarkan informasi dari database benchmark GFXBench, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSMArena, Selasa (24/11/2015), BlackBerry terlihat bakal memilih komponen buatan Samsung untuk produk barunya.

Perangkat BlackBerry ini sendiri dituliskan dalam nama kode STV100-1. Ia terlihat diuji coba menggunakan chipset Exynos 7420 2,1 GHz octa-core 64-bit. Sebelumnya, BlackBerry membekali Priv dengan chipset buatan Qualcomm, Snapdragon 808.

Terkesan tidak asing dengan nama SoC buatan Samsung tersebut? Ya, chipset tersebut digunakan juga oleh Samsung pada smartphone kelas atasnya, Galaxy S6. Komponen itu juga dibekali oleh vendor China, Meizu, untuk perangkat Pro 5.

Selain itu, masih berdasarkan database dari GFX Bench, STV100-1 dibekali dengan layar 5,1 inci beresolusi QHD, RAM 3 GB, media penyimpanan internal 32 GB, kamera belakang 16 megapiksel, kamera depan 5 megapiksel, dan berjalan di Android 5.1.1 Lollipop.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, terlihat bahwa perangkat milik BlackBerry ini memiliki banyak kesamaan dengan Galaxy S6. Oleh karena itu itu, masih ada kemungkinan, basis data tersebut merupakan hasil rekayasa data Galaxy S6.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada kemungkinan juga, BlackBerry benar-benar sedang menguji perangkat baru ini dan telah memasukkan hasilnya ke database GFX Bench.

Apapun itu, jika BlackBerry benar-benar menggunakan spesifikasi tersebut, tampaknya perangkat ini layak untuk diperhitungkan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.