Router Wireless MU-MIMO Pertama Dunia Masuk Indonesia

Kompas.com - 25/11/2015, 09:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Linksys secara resmi merilis perangkat Wi-Fi router terbarunya bernama Max-Stream AC2600 MU-MIMO Gigabit Router atau dikenal juga dengan nama EA8500 di Indonesia, Selasa (24/11/2015).

Perangkat ini bukanlah Wi-Fi router biasa. Ia adalah Wi-Fi router pertama di dunia yang sudah mendukung teknologi jaringan Multi User, Multi Input Multi Output (MU-MIMO).

Selain itu, Linksys EA8500 juga tercatat sebagai perangkat router pertama yang mendukung teknologi tersebut di Indonesia.

"Linksys menjadi brand pertama yang merilis Wi-Fi MU-MIMO di Indonesia," ujar Jaimohan Thampi, Head of Networking BU, International Markets for Linksys, di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Lantas, apakah MU-MIMO itu? Ia dikembangkan oleh Qualcomm dan digadang-gadang sebagai teknologi jaringan generasi berikutnya.

Menggunakan teknologi tersebut, sebuah router dikatakan dapat berkomunikasi dengan beberapa perangkat sekaligus dalam satu waktu dengan lebih stabil. Kecepatan internet yang dikirimkan ke beberapa perangkat itu pun relatif sama.

Misalnya, di lingkungan rumah ada lima gadget yang terhubung ke router tersebut. ‎Nantinya, menggunakan router dengan fitur MU-MIMO, perangkat tersebut bisa sama-sama mendapat kecepatan internet 5 Mbps, contohnya.

Teknis jaringan tersebut memang berbeda dari router tradisional. Teknologi yang ada saat ini hanya mengizinkan router untuk berkomunikasi dengan satu perangkat saja dalam satu waktu.

Oleh karena itu, biasanya perangkat kedua dan seterusnya akan mendapatkan kecepatan internet yang berbeda-beda karena router harus berbagi fokus ke banyak perangkat dalam satu waktu.

"Di dunia konvensional, pada setiap milidetik, router akan berbicara ke banyak perangkat sekaligus. Tentunya ini tidak efisien," kata Thampi.

Linksys EA8500 sendiri dilengkapi dengan teknologi Qualcomm MU EF MU-MIMO. Menggunakan teknologi itu, router EA8500 diklaim mampu menyajikan kecepatan 3 kali lebih tinggi dibanding teknologi Wi-Fi saat ini.

Selain itu, router ini didukung dengan chipset 2,4 GHz dual-core dan empat port Gigabit.

Ada juga port USB 3.0 dan combo USB 2.0/eSATA. Port tersebut bisa dicolokkan dengan harddisk untuk memancarkan berbagai file multimedia ke perangkat lain.

Router Linksys EA8599 ini sudah tersedia di beberapa retailer Indonesia dengan harga Rp 4,8 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.