Qlapa.com, "Rumah" Bagi Produk Kerajinan Tangan Lokal

Kompas.com - 25/11/2015, 15:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Animo masyarakat Indonesia terhadap produk kerajinan tangan atau handmade semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya berbagai solusi online yang mendukung industri tersebut, salah satunya adalah Qlapa.com.

Qlapa adalah situs marketplace online khusus untuk produk handmade buatan para pengrajin asal Indonesia.

Melalui situs tersebut, pengguna dapat membeli produk handmade langsung dari pembuatnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Resmi beroperasi mulai 1 November lalu, Qlapa menawarkan ribuan produk kerajinan tangan yang berasal dari ratusan penjual lokal.

Menurut Benny Fajarai, CEO dan Co-founder Qlapa, perusahaan rintisan digital (startup) ini didirikan untuk membantu membenahi industri kerajinan tangan di Indonesia.

Dikatakannya, Qlapa ingin menyediakan suatu tempat yang bisa dituju oleh seluruh pengrajin lokal di Indonesia. Harapannya, para pengrajin bisa berjualan bersama di satu tempat dengan sistem yang sesuai dengan mereka.

Sementara itu, kalangan konsumen bisa mencari produk yang dibutuhkan dengan nyaman dan mudah di satu tempat.

"Melalui Qlapa, kami juga berharap kerajinan lokal Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik skala nasional maupun internasional," tulis Benny dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Senin (23/11/2015).  

Nantinya, setiap transaksi di Qlapa akan menggunakan sistem yang diotomisasi dan menggunakan rekening bersama. Tujuannya, pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan aman.

Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan penghitungan ongkos kirim dan manajemen pemesanan yang rapi.

Fitur-fitur lain di Qlapa juga dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan perilaku jual beli produk handmade yang sering terjadi. Di sini penjual bisa menawarkan variasi produk jika produknya punya banyak variasi warna.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.