Cara Menghapus Malware Mirip"Ikan Super" di PC Dell

Kompas.com - 26/11/2015, 08:59 WIB
Laptop Dell Inspiron seri 5000 Ars TechnicaLaptop Dell Inspiron seri 5000
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Dell akhirnya merilis panduan untuk menghapus sertifikat digital eDellRoot yang pre-install di sejumlah komputer buatannya. Sertifikat tersebut disebut-sebut sebagai alat yang berbahaya dan mudah dieksploitasi serangan cyber.

Perusahaan komputer tersebut mengatakan sertifikat dipasang sebagai alat pendukung program layanan pelanggan. Fungsinya sebagai tag yang membuat pelayanan bisa dilakukan lebih cepat.

Sayangnya, sertifikat tersebut menjadi titik lemah yang bisa dimanfaatkan peretas untuk menjebol keamanan komputer. Meski begitu, Dell menegaskan bahwa sertifikat itu bukanlah sebuah malware hanya sebagai alat identifikasi saja.

"Sertifikat tersebut bukan malware atau adware. Fungsinya sebagai tag layanan servis online sehingga kami bisa mengetahui model komputer dengan cepat. Tak ada informasi pribadi yang dikumpulkan melalui sertifikat itu," terang Chief Blogger Dell, Laura P. Thomas.

Seperti dikutip KompasTekno dari situs resmi Dell, Kamis (26/11/2015), kini mereka juga telah merilis panduan menghapus sertifikat eDellRoot serta berjanji segera merilis software otomatis yang jadi solusinya.

Berikut ini panduan untuk menghapus sertifikat tersebut.

1. Buka Task Manager di komputer dan pilih kolom "Services". Selanjutnya dari kolom tersebut pilih "Open Services" yang terletak di bagian paling bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Carilah "Dell Foundation Service" dan pilih item tersebut. Kemudian klik "Stop the service".

3. Berikutnya masuk ke File Explorer untuk menemukan alamat ini: "c:\Program Files\Dell\Dell Foundation Services".

3. Hapus data bernama "Dell.Foundation.Agent.Plugins.eDell.dll". Abaikan peringatan yang muncul saat Anda berusaha menghapus data tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Dell

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.