Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Malware Mirip"Ikan Super" di PC Dell

Kompas.com - 26/11/2015, 08:59 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Dell
KOMPAS.com - Dell akhirnya merilis panduan untuk menghapus sertifikat digital eDellRoot yang pre-install di sejumlah komputer buatannya. Sertifikat tersebut disebut-sebut sebagai alat yang berbahaya dan mudah dieksploitasi serangan cyber.

Perusahaan komputer tersebut mengatakan sertifikat dipasang sebagai alat pendukung program layanan pelanggan. Fungsinya sebagai tag yang membuat pelayanan bisa dilakukan lebih cepat.

Sayangnya, sertifikat tersebut menjadi titik lemah yang bisa dimanfaatkan peretas untuk menjebol keamanan komputer. Meski begitu, Dell menegaskan bahwa sertifikat itu bukanlah sebuah malware hanya sebagai alat identifikasi saja.

"Sertifikat tersebut bukan malware atau adware. Fungsinya sebagai tag layanan servis online sehingga kami bisa mengetahui model komputer dengan cepat. Tak ada informasi pribadi yang dikumpulkan melalui sertifikat itu," terang Chief Blogger Dell, Laura P. Thomas.

Seperti dikutip KompasTekno dari situs resmi Dell, Kamis (26/11/2015), kini mereka juga telah merilis panduan menghapus sertifikat eDellRoot serta berjanji segera merilis software otomatis yang jadi solusinya.

Berikut ini panduan untuk menghapus sertifikat tersebut.

1. Buka Task Manager di komputer dan pilih kolom "Services". Selanjutnya dari kolom tersebut pilih "Open Services" yang terletak di bagian paling bawah.

2. Carilah "Dell Foundation Service" dan pilih item tersebut. Kemudian klik "Stop the service".

3. Berikutnya masuk ke File Explorer untuk menemukan alamat ini: "c:\Program Files\Dell\Dell Foundation Services".

3. Hapus data bernama "Dell.Foundation.Agent.Plugins.eDell.dll". Abaikan peringatan yang muncul saat Anda berusaha menghapus data tersebut.

4. Tekan tombol Windows di keyboard, masukan "certmgr.msc" dalam kolom pencarian dan tekan enter. Setelah menemukannya, Anda akan diminta mengizinkan program tersebut melakukan perubaan di komputer. Pilih "Yes".

5. Setelah halaman sertificate manager terbuka, klik dua kali di  "Trusted Root Certification Authorities" pada panel sisi kiri, serta klik dua kali di folder "Certificates".

6. Pilihlah sertifikat eDellRoot yang ditampilkan di panel sisi kanan. Hapus data tersebut.

Pastikan hanya sertifikat eDellRoot saja yang Anda hapus, karena menghapus sertifikat lain akan merusak sistem.

7. Setelah dihapus, maka di dalam eDellRoot sudah dihapus dari dalam halaman "certificate manager" itu.

8. Terakhir kembali ke halaman layanan, serta pilih Dell Foundation Services kemudian klik "Start the Service".

9. Sekarang sertifikat tersebut sudah diapus dengan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dell

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com