Diperbarui, WhatsApp Punya "Bintang" dan "Intip Tautan"

Kompas.com - 26/11/2015, 12:05 WIB
Tanda bintang di WhatsApp. WhatsAppTanda bintang di WhatsApp.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - WhatsApp memperbarui layanannya di Android ke versi 2.12.367. Setidaknya ada tiga pembaruan signifikan yang bakal dirasakan pengguna.

Dilansir KompasTekno, Kamis (26/11/2015) dari AndroidAuthority, ketiga fitur itu adalah: pesan berbintang (starred message), pralihat mendalam (rich preview) serta dukungan untuk fitur pembagian langsung (direct share).

Diketahui, Starred Message adalah fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu. WhatsApp baru menguji coba fitur ini pada awal November lalu. Dengan fitur tersebut, seperti layanan e-mail, pengguna bisa membintangi pesan tertentu untuk membacanya nanti.

Caranya mengoperasikannya mudah. Cukup tekan agak lama pesan yang ingin dibintangi. Selanjutnya akan muncul ikon bintang di layar, lalu tekan ikon tersebut.

Jika ingin membuka pesan apa saja yang telah dibintangi, cukup buka tab "Chats" lalu pilih "Menu" dan tekan opsi "Starred Messages". Pesan-pesan yang telah dibintangi akan muncul.

Fitur kedua adalah Rich Preview. Dengan fitur ini, saat pengguna mengirim sebuah tautan, misalnya situs web, akan langsung muncul preview dari laman/situs tersebut.

Penerima bisa "mengintip" terlebih dahulu isi atau tampilan dari tautan yang diberikan. Dengan begitu, penerima bisa lebih tertarik membuka tautan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jika tak cukup nyaman dengan Rich Preview, pengguna bisa menonaktifkannya secara manual.

Terakhir adalah dukungan untuk fitur Direct Share. Khusus pembaruan ini, hanya pengguna Android 6 Marshmallow yang bisa mengoperasikannya.

Fungsinya untuk mempercepat proses pembagian tautan pada teman/kontak di WhatsApp. Selama ini, kala ingin mengirim tautan, pengguna harus menyalin tautan untuk kemudian menggulir kontak WhatsApp, membukanya, dan memindahkan tautan ke ruang chatting di akun pengguna lain.

Dengan fitur ini, langkah itu bisa dipangkas. Pengguna cukup menyalin tautan lalu memilih kontak WhatsApp yang ingin dikirimkan langsung dari opsi menu.

Tiga fitur ini sudah bisa dipakai di WhatsApp terbaru yang tersedia di Play Store. Selamat menjajal WhatsApp versi baru!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.