Komputer Mini Raspberry Pi Terbaru Cuma Rp 68.000

Kompas.com - 27/11/2015, 11:43 WIB
Raspberry Pi luncurkan komputer pemrograman Rp 68 ribu TheNextWebRaspberry Pi luncurkan komputer pemrograman Rp 68 ribu
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Biaya sekali nongkrong di kafe mampu membeli satu unit komputer yang bisa diprogram sesuka hati. Hal itu dimungkinkan Raspberry Pi lewat komputer teranyarnya "Pi Zero".

Dilansir KompasTekno, Jumat (27/11/2015) dari TheNextWeb, komputer kecil tersebut dibanderol 5 dollar AS atau Rp 68 ribu.

Walau dipatok murah, jangan buru-buru memandang sebelah mata si kecil cabai rawit ini. Dibandingkan "Model A+" yang dirilis tahun lalu, ukuran Pi Zero memang setengah kali lipat lebih mungil.

Namun, kemampuannya diklaim dua kali lipat lebih gahar. Dengan Rp 68 ribuan, pengguna sudah mendapatkan prosesor aplikasi Broadcom BCM2835.

Kecepatannya 40 persen lebih kencang dibandingkan yang tersemat pada Raspberry Pi 1. Prosesor aplikasi itu dipadankan dengan RAM 512 MB.

Adapula slot kartu memori microSD, port mini-HDMI untuk output video beresolusi Full HD dengan 60 bingkai per detik, serta beberapa port Micro-USB untuk transfer data.

Pi Zero merupakan salah satu proyek amal Raspberry Pi. Visinya untuk memangkas halangan bagi siapa saja yang ingin memiliki komputer pemrograman.

Agar, kata pendiri Raspberry Pi Eben Upton, siapapun bisa belajar tentang pemrograman dan pengoprekan elektronik tanpa harus merogoh kocek besar.

Bagi Anda yang berminat, bisa memesan komputer mungil ini di sini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X