Kompas.com - 28/11/2015, 08:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - OnePlus menawarkan pengembalian uang (refund) bagi pembeli kabel USB Type-C dari situs resminya. Penawaran ini merupakan respons dari vendor asal China tersebut atas kritikan keras dari teknisi Google.

Teknisi Google Benson Leung beberapa waktu lalu mencibir kabel USB-C yang dijual oleh OnePlus. Menurut Leung, kabel buatan OnePlus dapat membahayakan charger dan hub USB pada PC.

Satu pekan setelah mendapat kritikan, OnePlus akhirnya angkat suara. Lewat forum resminya, Co-founder OnePlus Carl Pei mengakui bahwa kabel tersebut mungkin saja tidak cocok dengan perangkat dari pihak ketiga, seperti Chromebook Pixel, Nexus 6P, dan Nexus 5X.

Menurut Carl, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Sabtu (28/11/2015), masalah tersebut disebabkan oleh resistor yang ada di kabel. OnePlus lebih memilih menggunakan resistor 10k ohm, ketimbang 56k ohm yang seharusnya menjadi standar dari USB Type C.

"Masalahnya, kabel dan adapter (biasa) didesain untuk daya maksimum sebesar 2 ampere, tetapi resistor akan mengizinkan perangkat dengan fitur fast-charging untuk mengambil daya yang lebih besar dari seharusnya," tulis Carl.
 
"Ini akan menyebabkan kerusakan ke sumber daya (charger pihak ketiga, port USB, dan lain-lain), jika perangkat dan sumber daya tidak memiliki mekanisme internal mandiri untuk mengatur jumlah daya," lanjut Carl.

Meskipun begitu, kabel USB Type-C milik OnePlus diklaim aman untuk perangkat buatannya sendiri. Oleh karena itu, refund yang ditawarkan hanya berlaku, jika konsumen membelinya secara terpisah.

"Jika Anda mengisi daya atau memindahkan data ke atau dari One Plus 2, seharusnya perangkat tersebut tidak mengalami masalah dengan perangkat tersebut," kata Carl. Sekadar informasi, OnePlus 2 memang telah menggunakan USB Type-C.

Refund itu sendiri berlaku mulai hari ini, Jumat (27/11/2015) hingga 31 Desember 2015 mendatang. Lewat dari tanggal tersebut, refund sudah tidak berlaku lagi.

"Sementara itu, tim kami telah mulai mengembangkan kabel Type-C dan adapter dengan resistor 56k ohm," pungkas Carl.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.