Kompas.com - 28/11/2015, 16:17 WIB
DJI Agras MG-1 DJIDJI Agras MG-1
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - DJI telah dikenal sebagai produsen drone atau helikopter mini versi konsumer. Namun, kali ini perusahaan asal Shenzhen, China, tersebut merilis produk tak terduga sebelumnya, yakni drone untuk keperluan pertanian.

Drone khusus petani ini dinamakan Agras MG-1. Fungsi dari perangkat tersebut adalah menyemprot tanaman pangan dari udara. Menurut klaim DJI, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Sabtu (28/11/2015), penyemprotan menggunakan drone bakal 40 kali lebih efisien ketimbang penyemprotan manual.

Agras MG-1 sendiri terdiri dari delapan buah rotor dan sebuah tempat penampungan yang mampu menyimpan cairan sebanyak 10 kg. Nantinya, cairan tersebut akan dialirkan melalui selang-selang yang mengarah ke beberapa bagian sekaligus.

Drone itu sendiri diklaim dapat menyemprot tanaman di lahan seluas 3 hingga 4 hektar dalam satu jam.

Selain itu, drone ini dilengkapi dengan radar berbasis gelombang mikro. Fungsinya untuk menjaga jarak antara drone dan tanaman agar bisa menyemprotkan cairan dalam jumlah yang tepat.

Perangkat ini juga memiliki kemampuan terbang setinggi 8 meter per detiknya. Ia bisa digunakan dalam mode otomatis, semi-otomatis, dan manual.

Agras MG-1 pun didesain untuk anti debu, anti air, dan anti korosi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

DJI Agras MG-1 bakal dijual untuk pertama kalinya di pasar Korea Selatan dan China dengan banderol 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 200 juta. Belum diketahui apakah perangkat ini bakal masuk Indonesia atau tidak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.