Kompas.com - 30/11/2015, 09:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Desas-desus soal penutupan bisnis kamera Samsung akhirnya menjadi nyata. Raksasa elektronik Korea Selatan itu resmi mengumumkan berhenti menjual kamera di Inggris.

"Kami cepat beradaptasi dengan kebutuhan serta permintaan pasar. Di Inggris, kami menghadapi situasi berkurangnya permintaan kamera digital, camcorder dan berbagai aksesorisnya," ujar juru bicara Samsung, seperti dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Senin (30/11/2015).

"Dengan alasan tersebut kami memutuskan untuk menghentikan penjualan dan pemasaran produk tersebut. Ini adalah keputusan lokal, berdasarkan kondisi pasar lokal," imbuhnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Samsung berencana menghentikan penjualan kamera NX1 di Eropa. Padahal eksistensi mereka di bisnis kamera tergolong baru, belum sampai satu dekade.

Kamera DSLR pertama Samsung diluncurkan pada 2006 lalu bekerja sama dengan Pentax. Perusahaan Korea itu menyebutnya sebagai GX 1S, yang merupakan modifikasi dari Pentax DS 2.

Selanjutnya pada 2009, mereka meluncurkan lini produk NX. Kamera mirrorless ini mengusung konsep dan kualitas sebuah DSLR, namun dengan bentuk ringkas dan praktis layaknya sebuah kamera point and shoot.

Sejak Februari tahun ini, Samsung tidak pernah mengumumkan keberadaan NX seri baru lagi. Kamera terakhir yang mereka rilis adalah NX 500, dengan sensor ukuran APS-C setajam 28 megapiksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.