Kompas.com - 30/11/2015, 17:55 WIB
CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli. Yoga Hastyadi/Kompas.comCEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo baru saja meluncurkan layanan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di 21 kota. Kendati demikian mereka mengaku tidak akan mematikan teknologi serupa yang sudah lebih dulu dipasang di frekuensi 900 MHz.

Teknologi 4G LTE di Indonesia memang pertama kali digelar menggunakan frekuensi 900 MHz. Namun frekuensi ini dinilai kurang pas, karena jenis handset yang bisa mendukungnya hanya sedikit.

Kemudian tahap kedua, pemerintah memutuskan menata frekuensi 1.800 MHz yang didukung lebih banyak handset dan membuatnya teknologi netral sehingga bisa dipakai untuk layanan internet cepat itu.

Indosat Ooredoo pun sempat merilis 4G LTE di frekuensi 900 MHz, tepatnya di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar. Kini, setelah 4G LTE tahap kedua meluncur, mereka berniat menggunakannya untuk carrier aggregation.

"4G LTE di 900 MHz akan tetap nyala. Kita bisa pakai untuk carrier agregation. Karena pakai single system, kita bisa agregasi dengan mudah di tempat yang sebelumnya sudah ada 900 MHz," ujar President Director dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Alexander Rusli di sela peluncuran Indosat 4G Plus, Senin (30/11/2015).

Carrier aggregation tersebut menjanjikan kecepatan akses internet yang lebih tinggi. Namun tidak bisa sembarang mengakses. Jika jaringan sudah mendukung carrier aggregation, maka pengguna mesti memiliki perangkat dengan spesifikasi tertentu untuk mengaksesnya.

Division Head Data Services-Product Marketing Indosat Ooredoo, Fidesia Noor menambahkan, bila akses 4G LTE 1.800 MHz menjanjikan kecepatan hingga 112 Mbps, maka carrier aggregation 1.800 MHz dengan 900 MHz menawarkan kecepatan hingga 185 Mbps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, internet cepat Indosat Ooredoo bisa diakses di Makassar, Balikpapan, Padang, Lampung, Denpasar, Surabaya, Malang, Banyumas, Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Tasikmalaya, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Semarang, Pontianak, Jakarta, Bogor, dan Sukabumi.

Mereka juga menjanjikan perluasan ke 14 kota lain sebelum 2015 berakhir. Kota tersebut adalah Tuban, Tegal, Pekalongan, Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Pekanbaru, Manado, Mataram, Madura, Pacitan, Cirebon, serta Purwakarta.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.