Kompas.com - 01/12/2015, 11:43 WIB
President Director dan CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli pada peluncuran layanan 4G Plus di Jakarta, Senin (30/11/2015). Yoga Hastyadi/Kompas.comPresident Director dan CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli pada peluncuran layanan 4G Plus di Jakarta, Senin (30/11/2015).
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo (Indosat) mengincar tambahan satu blok frekuensi 2.100 MHz, saat proses seleksi dibuka nanti. Rencananya, bila berhasil mendapatkan blok tersebut, mereka akan memakainya sebagai penguat layanan 4G LTE.

President Director dan Chief Executive Officer Indosat, Alexander Rusli mengatakan, satu blok frekuensi tersebut bisa digunakan sebagai sarana carrier agrregation (CA) dengan frekuensi 900 MHz dan 1.800 MHz. Cara demikian akan membantu meningkatkan kecepatan akses 4G LTE.

"Kami tertarik satu blok. Nanti akan dipakai 4G saja, tidak untuk 3G. Karena kan frekuensi itu sudah didesain untuk teknologi netral," terang Alex saat ditemui usai peluncuran Indosat 4G Plus di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Pemerintah memang berencana membuka seleksi lisensi frekuensi tersebut. Total ada dua blok frekuensi atau sebesar 10 MHz di sana, dan merupakan sisa-sisa dari Axis yang dikembalikan saat mereka diakuisisi XL Axata dulu.

Sedangkan Indosat saat ini memiliki pita selebar 10 MHz di frekuensi 2.100 MHz, dan seluruhnya digunakan untuk teknologi 3G. Bila berhasil mendapatkan 5 MHz nanti, operator yang identik dengan warna kuning itu akan memakainya untuk 4G.

"Kami ingin 70 persen pelanggan (2G) yang belum sempat ke 3G, langsung lompat saja ke 4G. Dengan cara demikian bisa membebaskan jaringan 3G, jadi lebih efisien. Dan kita tidak perlu investasi banyak-banyak di teknologi yang sudah lama," terang Alex.

Total pengguna Indosat hingga saat ini tercatat 69 juta orang, dengan 33 juta diantaranya merupakan pelanggan data. Dari total tersebut, baru ratusan ribu saja yang beralih ke 4G LTE sejak dibukanya akses komersil pada hari Minggu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini layanan 4G LTE milik Indosat menggunakan pita selebar 5 MHz di frekuensi 900 MHz (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar), dan 10 MHz di frekuensi 1.800 MHz.

Layanan di frekuensi 1.800 MHz baru saja diresmikan hadir di 21 kota, yaitu Makassar, Balikpapan, Padang, Lampung, Denpasar, Surabaya, Malang, Banyumas, Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Tasikmalaya, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Semarang, Pontianak, Jakarta, Bogor dan Sukabumi.

Mereka juga menjanjikan perluasan ke 14 kota lain sebelum 2015 berakhir. Kota tersebut adalah Tuban, Tegal, Pekalongan, Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Pekanbaru, Manado, Mataram, Madura, Pacitan, Cirebon, serta Purwakarta.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.