Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Blokir Telegram Pakai "Senjata" Facebook

Kompas.com - 02/12/2015, 15:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp memblokir tautan yang dikirim melalui percakapan, yang menuju aplikasi pesaingnya Telegram.

Semua tautan URL yang menuju Telegram, akan ditampilkan sebagai teks biasa, bukan sebagai hyperlink yang biasanya berwarna biru dan bila diklik akan membawa ke situs tertentu.

WhatsApp juga membuat tautan teks tersebut tidak bisa disalin (copy).

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (2/12/2015), tool untuk memblokir tautan tertentu tersebut dimiliki oleh Facebook, perusahaan pemilik saham mayoritas WhatsApp.

Facebook pernah memakainya pada 2010 lalu untuk memblokir tautan menuju situs-situs yang berisi konten bajakan, namun langkah Facebook itu kemudian mendapat kritikan.

Walau demikian, belum diketahui secara pasti apakah pemblokiran itu berasal dari sistem WhatsApp yang tidak sempurna atau memang disengaja oleh WhatsApp.

Sumber di dalam Telegram mengatakan, "Biasanya jika sudah diangkat ke media, FB (Facebook) akan mengkambing-hitamkan sistem penyaringan mereka."

"Kami berharap hal yang sama juga kali ini," imbuh juru bicara Telegram yang tidak mau disebut namanya itu.

Baik Facebook maupun WhatsApp tidak bersedia memberikan tanggapan resminya terkait persoalan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com