Kompas.com - 04/12/2015, 12:12 WIB
Munir Syahda Prabowo, Head of Network Spesial Project Smartfren saat menjelaskan hasil uji jaringan 4G LTE Smartfren di Sumatera Utara, jalur Medan - Berastagi. Deliusno/KompasTeknoMunir Syahda Prabowo, Head of Network Spesial Project Smartfren saat menjelaskan hasil uji jaringan 4G LTE Smartfren di Sumatera Utara, jalur Medan - Berastagi.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat

BERASTAGI, KOMPAS.com - Smartfren menggelar uji jaringan 4G LTE Advance di sepanjang wilayah Sumatera Utara. Pengujian tersebut dilakukan untuk menguji kecepatan dan juga coverage jaringan yang baru komersil ini.

Uji coba ini dilakukan selama dua hari, dari Rabu (2/12/2015) hingga Kamis (3/12/2015). Tim Smartfren dan KompasTekno serta beberapa rekan wartawan lain diajak menempuh rute dari kota Medan ke daerah Balige (128 km dari Medan) pada hari pertama.

Sedangkan di hari kedua, rute yang dijalani dari Balige ke daerah Berastagi. Jarak yang ditempuh pun sekitar 120 km.

Pengujian jaringan kali ini dilakukan menggunakan software pengujian dan monitoring khusus bernama Drive Test Tools. Software tersebut digunakan sebagai sistem pendeteksi gangguan, mulai dari gangguan di BTS, transmisi, hingga bandwidth dan jalur internet.

Hasil pengujian memperlihatkan hasil yang bervariasi. Di beberapa titik atau daerah, software menampilkan warna hijau dan biru.

Menurut Munir Syahda Prabowo, Head of Network Spesial Project Smartfren, kedua warna tersebut memperlihatkan jaringan 4G LTE milik operator anak perusahaan Sinar Mas itu dalam keadaan baik.

Artinya, jaringan dalam keadaan kuat dan kecepatan yang dihadirkan cukup tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak Fokus di Wilayah Sepi

Namun, tidak jarang juga software memperlihatkan warna merah yang dapat diartikan kondisi jaringan yang kurang baik.

Menurut pengalaman KompasTekno, di beberapa daerah, terutama di daerah perkebunan dan hutan, sinyal sempat menghilang dan koneksi melambat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.