Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Paten, Samsung Bersedia Bayar Apple

Kompas.com - 07/12/2015, 08:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah lima tahun terlibat perang sengit ihwal paten, Apple dan Samsung mulai rekonsiliasi. Hal ini ditandai kesediaan Samsung membayar 548 juta dollar AS atau setara Rp 7,5 triliun kepada Apple.

Pabrikan Korea Selatan tersebut berjanji akan melunaskan pembayaran selambat-lambatnya pada 14 Desember 2015 mendatang, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (5/12/2015).

Mendapatkan duit ratusan juta dollar AS tentu bisa dimaknai sebagai kemenangan bagi Apple. Pun begitu, Samsung tak sepenuhnya mengalah.

Vendor pembuat S6 tersebut sudah menyiapkan strategi untuk menyerap duit balik dari Apple. Ia meminta wewenang atas paten yang dipermasalahkan agar bisa menerima pemasukan dari pabrikan berlogo apel tergigit.

Syarat itu sudah diajukan Samsung ke pengadilan Amerika Serikat. Namun, Apple masih belum sepakat.

Diketahui, Apple pertama kali menuntut Samsung pada musim semi 2011. Beberapa paten yang dipermasalahkan antara lain tap-to-zoom dan gestur multitouch.

Awalnya Apple meminta ganti rugi 2,5 miliar dollar AS. Angka itu kemudian terus menurun menjadi 1 miliar dollar AS, 930 juta dollar AS, hingga terakhir 548 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com