Soal Paten, Samsung Bersedia Bayar Apple

Kompas.com - 07/12/2015, 08:17 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Setelah lima tahun terlibat perang sengit ihwal paten, Apple dan Samsung mulai rekonsiliasi. Hal ini ditandai kesediaan Samsung membayar 548 juta dollar AS atau setara Rp 7,5 triliun kepada Apple.

Pabrikan Korea Selatan tersebut berjanji akan melunaskan pembayaran selambat-lambatnya pada 14 Desember 2015 mendatang, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (5/12/2015).

Mendapatkan duit ratusan juta dollar AS tentu bisa dimaknai sebagai kemenangan bagi Apple. Pun begitu, Samsung tak sepenuhnya mengalah.

Vendor pembuat S6 tersebut sudah menyiapkan strategi untuk menyerap duit balik dari Apple. Ia meminta wewenang atas paten yang dipermasalahkan agar bisa menerima pemasukan dari pabrikan berlogo apel tergigit.

Syarat itu sudah diajukan Samsung ke pengadilan Amerika Serikat. Namun, Apple masih belum sepakat.

Diketahui, Apple pertama kali menuntut Samsung pada musim semi 2011. Beberapa paten yang dipermasalahkan antara lain tap-to-zoom dan gestur multitouch.

Awalnya Apple meminta ganti rugi 2,5 miliar dollar AS. Angka itu kemudian terus menurun menjadi 1 miliar dollar AS, 930 juta dollar AS, hingga terakhir 548 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.