Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Manusia Diramal Lebih Banyak "Ngobrol" dengan Komputer

Kompas.com - 07/12/2015, 14:27 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Microsoft sudah punya prediksi tentang bagaimana kehidupan manusia pada 2016. Dalam laporan bertajuk "Era Emas Pengembangan Teknologi", Microsoft memaparkan pandangan 16 peneliti tersohornya dari berbagai divisi.

Beberapa prediksi memiliki benang merah yang sama, antara lain terkait percepatan dalam proses komunikasi, perluasan jaringan, dan peningkatan pemanfaatan cloud, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/12/2015).

Menurut beberapa peneliti, asisten personal akan berperan lebih signifikan dalam hidup manusia. Inovasi teknologi akan mengaburkan batas dialog manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin.

"Obrolan online akan meningkat. Utamanya obrolan dengan asisten personal yang membantu kita tertawa dan lebih produktif," kata salah satu prediksi dari Engineer and GM Microsoft Research NExt Lili Cheng.

Lebih lanjut, menurut para peneliti, manusia pada 2016 akan lebih jarang berinteraksi langsung satu sama lain. Komunikasi didominasi oleh asisten personal di komputer, seperti Cortana, Siri, dan Google Now.

Dengan begitu, manusia bakal lebih jarang melontarkan pernyataan aneh dan jahat. Sebaliknya, mereka hanya akan membicarakan hal-hal yang penting dan diperlukan.

Manusia juga bakal lebih giat bekerja dan produktif karena asisten personal akan membantu mereka dalam merencanakan keseharian.

Bahkan, diperkirakan, pertemuan lelaki dan perempuan akan digantikan oleh pertemuan Cortana, Siri, dan Google Girl yang mengobrol satu sama lain.

Bagaimana komunikasi yang kabur antara manusia dan mesin bisa tetap memanusiakan manusia? Bagaimana peran perasaan dan kebutuhan manusia dalam berinteraksi bisa terakomodasi dalam era tersebut? Apakah prediksi-prediksi tersebut bakal terjadi? Kita lihat saja nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com