2016, Manusia Diramal Lebih Banyak "Ngobrol" dengan Komputer

Kompas.com - 07/12/2015, 14:27 WIB
Logo Microsoft di depan salah satu bangunan di Kantor Pusat Microsoft, Redmond, Washington, Amerika Serikat. Wicak Hidayat/KompasTeknoLogo Microsoft di depan salah satu bangunan di Kantor Pusat Microsoft, Redmond, Washington, Amerika Serikat.
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com — Microsoft sudah punya prediksi tentang bagaimana kehidupan manusia pada 2016. Dalam laporan bertajuk "Era Emas Pengembangan Teknologi", Microsoft memaparkan pandangan 16 peneliti tersohornya dari berbagai divisi.

Beberapa prediksi memiliki benang merah yang sama, antara lain terkait percepatan dalam proses komunikasi, perluasan jaringan, dan peningkatan pemanfaatan cloud, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/12/2015).

Menurut beberapa peneliti, asisten personal akan berperan lebih signifikan dalam hidup manusia. Inovasi teknologi akan mengaburkan batas dialog manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin.

"Obrolan online akan meningkat. Utamanya obrolan dengan asisten personal yang membantu kita tertawa dan lebih produktif," kata salah satu prediksi dari Engineer and GM Microsoft Research NExt Lili Cheng.

Lebih lanjut, menurut para peneliti, manusia pada 2016 akan lebih jarang berinteraksi langsung satu sama lain. Komunikasi didominasi oleh asisten personal di komputer, seperti Cortana, Siri, dan Google Now.

Dengan begitu, manusia bakal lebih jarang melontarkan pernyataan aneh dan jahat. Sebaliknya, mereka hanya akan membicarakan hal-hal yang penting dan diperlukan.

Manusia juga bakal lebih giat bekerja dan produktif karena asisten personal akan membantu mereka dalam merencanakan keseharian.

Bahkan, diperkirakan, pertemuan lelaki dan perempuan akan digantikan oleh pertemuan Cortana, Siri, dan Google Girl yang mengobrol satu sama lain.

Bagaimana komunikasi yang kabur antara manusia dan mesin bisa tetap memanusiakan manusia? Bagaimana peran perasaan dan kebutuhan manusia dalam berinteraksi bisa terakomodasi dalam era tersebut? Apakah prediksi-prediksi tersebut bakal terjadi? Kita lihat saja nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.