Tiga Hal yang Menghadang Mimpi Indah IoT

Kompas.com - 08/12/2015, 11:55 WIB
Internet of Things World Forum 2015 digelar di Dubai World Center, Dubai, Uni Emirat Arab, 6-8 Desember 2015. KOMPAS.com/Caroline DamanikInternet of Things World Forum 2015 digelar di Dubai World Center, Dubai, Uni Emirat Arab, 6-8 Desember 2015.
|
EditorOik Yusuf
DUBAI, KOMPAS.com - Di tengah mimpi indah yang ditawarkan melalui penerapan internet of things (IoT), sejumlah tantangan telah dipetakan.

Cisco mencatat, ada tiga tantangan yang membuat perkembangan IoT belum terlalu pesat hingga saat ini.

Vice President of Infrastructure and Digital Solutions Marketing, Inbar Lasser-Raab, mengatakan, ketiga kendala itu adalah interoperabilitas, keamanan, dan inovasi.

Interoperabilitas atau kemampuan untuk saling terhubung menjadi tantangan. Menurut Inbar, untuk mengatasinya, maka Cisco bersama Dell, Princeton University, ARM, Intel dan Microsoft yang juga mendukung perkembangan IoT membentuk OpenFog Consortium.

Masalah keamanan, lanjutnya, terkait bagaimana membuat analitik data besar makin baik, memasang sensor, dan keamanan cyber.

Inbar mengatakan, untuk menutup celah keamanan yang mungkin muncul karena makin banyaknya perangkat yang terhubung ke internet, Cisco membuat paket perlindungan yang terdiri dari jaringan itu sendiri serta memasang lebih banyak sensor.

Menurut dia, jaringan yang aktif bisa mendeteksi bahaya, menegakkan aturan serta mempercepat peraturan, serta mempercepat penyelesaian masalah keamanan yang ditemukan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang ketiga adalah inovasi, tentang bermimpi, berpikir apa lagi yang mungkin untuk diwujudkan, berani berimajinasi. Mendorong inovasi, salah satu caranya melalui IoT World Forum 2015 yang tengah berlangsung ini," katanya dalam keterangan pers usai Internet of Things World Forum 2015 dibuka di Dubai World Trade Center, Minggu (6/12/2015).

Melalui acara yang digelar selama tiga hari ini, Cisco menyatakan siap bekerja sama dengan pengembang teknologi lainnya untuk mengatasi tantangan ini bersama-sama dan mengadopsinya dalam infrastruktur pendukung IoT.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X