Google Maps Sediakan Peta Dalam Gedung di Indonesia

Kompas.com - 09/12/2015, 10:13 WIB
Fitur Indoor Maps sudah bisa digunakan di Indonesia GoogleFitur Indoor Maps sudah bisa digunakan di Indonesia
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Bingung ketika menjelajahi beberapa gedung besar di Indonesia? Kini, Google Maps Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur Indoor Maps untuk menjabarkan area-area yang terdapat di gedung-gedung tersebut.

"Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna di Indonesia, baik turis maupun masyarakat setempat," kata Nikhil Vaishnavi, Product Manager Google Maps, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Selasa (8/12/2015).

Indoor Maps bisa membantu pengguna untuk melihat detail per lantai sebuah gedung. Pengguna bisa melihat letak-letak toko, ATM, dan toilet, misalnya, di saat pengelola gedung sedang tidak berada di sekitar pengguna.

Denah lantai yang mendetail akan muncul secara otomatis saat pengguna melakukan zoom in di gedung atau lokasi tempat fitur Indoor Maps tersedia.

Serupa dengan layanan Google Maps biasa, akan ada "titik biru" yang berkedap­-kedip sesuai posisi pengguna saat itu. Ketika pengguna berpindah lantai, Google Maps juga akan memperbarui lokasi.

"Dengan liburan akhir tahun sudah di depan mata, kami berharap Indoor Maps akan membuat pengalaman Anda dalam menikmati dan menjelajahi Indonesia bisa lebih menyenangkan lagi," ujar Vaishnavi.

Untuk masa awal kehadiran fitur ini, sudah ada 60 tempat di 13 kota di Indonesia yang tercakup.

Jumlah gedung tersebut memang belum terlalu banyak. Akan tetapi, para pemilik gedung bisa membantu meningkatkan jumlah tersebut dengan cara mengunggah floorplan properti masing-masing.

Nantinya, Google akan membantu mengubah floorplan tersebut ke dalam format Maps. Pemilik gedung bisa mengunggahnya melalui tautan berikut ini.

Peta indoor di wilayah Indonesia sendiri baru bisa diakses lewat aplikasi Google Maps untuk Android. Pemilik platform lain, seperti iOS, masih harus menunggu sebelum dapat memanfaatkan fitur tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X