Kompas.com - 09/12/2015, 14:17 WIB
Model memperagakan Smartfren Andromax 4G. Oik Yusuf/KompasTeknoModel memperagakan Smartfren Andromax 4G.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
MEDAN, KOMPAS.com - Voice Over LTE (VoLTE) bakal menjadi salah satu teknologi andalan Smartfren dalam mengarungi tahun 2016 mendatang. Agar semakin mantap dengan strategi itu, operator seluler ini pun sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan menyiapkan smartphone yang mendukung teknologi tersebut.

Menurut Derrick Surya, Head of Brand and Marcomm Smartfren, operator seluler ini memang sedang menggarap sebuah perangkat "jagoan" untuk mendukung teknologi VoLTE tersebut.

Sayangnya, Derrick tidak mau banyak memberikan detail mengenai smartphone tersebut. Beberapa hal yang pasti, perangkat tersebut akan menjadi turunan dari seri Andromax dan berbanderol terjangkau, yakni antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Perangkat ini pun dijadwalkan hadir pada awal tahun 2016 mendatang.

"Yang pasti adalah harganya. Antara 1 sampai 2 juta. Tapi speknya oke banget," ujar Derrick di uji jaringan Smarfren di wilayah Sumatera Utara pekan lalu.

Smartfren pun sangat yakin bahwa Andromax misterius ini dapat menggenjot pertumbuhan penetrasi 4G LTE miliknya. Dengan kehadiran perangkat tersebut, jumlah pengguna 4G Smartfren diprediksi bisa mencapai 1,5‎ juta.

Sekadar gambaran, pengguna teknologi internet mobile generasi 4 milik Smartfren telah mencapai sekitar 800.000 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smartfren sendiri sejatinya telah menjadwalkan kehadiran Andromax ini pada akhir tahun 2015 ini. Sayangnya, perangkat tersebut masih mengalami beberapa kendala.

Salah satunya, masih menurut Derrick, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari perangkat tersebut ternyata belum memenuhi peraturan pemerintah.

Pada tahun 2015 ini, setiap perangkat dengan teknologi 4G memang harus memenuhi TKDN sebesar 20 persen. Sayangnya, Derrick tidak mau menyebutkan kandungan lokal yang telah dipenuhi oleh Andromax seri ini.

Selain itu, Smartfren dikatakan masih ingin terus menguji teknologi VoLTE di perangkatnya hingga sempurna. Harapannya agar pengguna tidak kecewa dengan teknologi tersebut.

"Yang kedua, kami ingin memastikan bahwa ketika dirilis nanti, VoLTE sudah siap dan stabil. Kami tidak mau nantinya kualitas panggilan itu masih buruk ketika digunakan," pungkas Derrick.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.