Kompas.com - 09/12/2015, 20:44 WIB
Socialgiver, pemenang Singtel - Samsung Regional App Challenge. Fatimah Kartini Bohang/KompasTeknoSocialgiver, pemenang Singtel - Samsung Regional App Challenge.
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Agustus hingga September 2015 lalu, Telkomsel dan Samsung bekerja sama menyelenggarakan lomba aplikasi bertajuk "Indonesia Next App 2.0". Tujuannya untuk membantu anak muda kreatif mengembangkan startup.

Dua pemenangnya, Goers dan Modegi, kemudian unjuk gigi ke ranah yang lebih luas. Mereka diikutkan dalam kompetisi "Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge" dalam skala regional.

Pada kompetisi itu, Goers dan Modegi mewakili Indonesia untuk bersaing dengan 12 startup unggulan lainnya. Masing-masing dari Afrika, India, Thailand, Filipina, Australia, dan Singapura.

Setelah melewati proses bimbingan di Singapura dan pitching di Jakarta, pemenang "Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge" pun diumumkan hari ini, Selasa (8/12/2015) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Startup asal Thailand Socialgiver menjadi pemenang pertama. Sementara itu, startup Australia OTTO dinobatkan sebagai pemenang Samsung Innovation Award.

Apa kelebihan Socialgiver dan OTTO?

Menurut CEO SingTel Innov8 sekaligus juri lomba, Edgar Hardless, Socialgiver menawarkan solusi yang pas bagi masyarakat modern saat ini untuk melancarkan aksi sosial dengan cara mudah.

Socialgiver memberikan harga spesial kepada konsumen dari perusahaan yang memiliki kelebihan kapasitas produk. Contohnya hotel dengan kamar ekstra atau restoran dengan makanan menumpuk.

Sebagian pendapatannya disumbangkan ke badan amal dan perusahaan akan mendapat potongan pajak. Model bisnis seperti ini, kata Hardless, memberikan win-win solution bagi perusahaan, pengguna, maupun badan amal.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini," ujarnya pada konferensi pers usai acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.