Kompas.com - 12/12/2015, 13:31 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf

BEIJING, KOMPAS.com - Setelah lebih dulu diperkenalkan dalam acara di New York, AS, November lalu, Qualcomm resmi meluncurkan chipset mobile Snapdragon 820 untuk wilayah Asia. Peluncuran itu dilakukan dalam sebuah acara bertajuk “Qualcomm Snapdragon 820 Asia Debut" di Beijing, China, Jumat (11/12/2015).

Menurut Tim McDonough, VP Marketing Qualcomm, konsumen sudah tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan perangkat dengan System on Chip (SoC) tersebut. Setidaknya, pada awal tahun 2016 sudah ada beberapa produk yang hadir dengan Snapdragon 820.

"Tapi maaf kami belum bisa menyebutkan perangkat mana yang akan menggunakannya untuk pertama kali. Tunggu saja," ujar McDonough kepada KompasTekno yang menghadiri acara peluncuran.

Snapdragon 820 merupakan prosesor seri high-end penerus model sebelumnya, Snapdragon 810. Chipset baru tersebut diklaim hadir dengan berbagai peningkatan.

Salah satunya datang dari segi manajemen suhu. Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 820 bakal hadir dengan konsumsi daya yang lebih efisien dari sebelumnya.

Oleh karena itu, SoC ini mampu berhasil mencapai suhu operasional lebih rendah dibanding Snapdragon 810 yang sering dikeluhkan mengalami panas berlebih.

Kyro, Hexagon, dan Spectra

Dari segi spesifikasi teknis, Snapdragon 820 dilengkapi dengan core CPU hasil pengembangan sendiri yang dinamakan "Kryo". CPU yang merupakan penerus dari core seri "Krait" tersebut bekerja dengan kecepatan hingga 2,2 GHz untuk tiap inti pemrosesan.

Uniknya, jumlah inti atau core CPU yang dimiliki oleh Snapdragon 820 berkurang setengah dari pednahulunya. Chipset terbaru ini tidak lagi dilengkapi dengan CPU octa-core (8 inti), melainkan CPU quad-core (4 inti).

Spesifikasi lainnya, Snapdragon 820 dilengkapi dengan chip grafis Adreno 530 yang dijanjikan mengalami peningkatan hingga 40 persen dari Adreno 430.

Ada juga Qualcomm Hexagon 680 DSP (Digital Signal Processor) terintegrasi yang diklaim mampu menghasilkan suara menggelegar, serta ISP (Image Signal Processor) Spectra yang diklaim bisa menghasilkan foto yang baik saat kondisi minim cahaya.

"(Snapdragon 820) Paling ideal untuk saat ini. Ia memiliki material yang juga lebih baik (dari seri sebelumnya). Ditambah lagi konsumsi baterai yang sangat efisien," ujar McDonough.

Snapdragon 820 sendiri sudah dirilis secara resmi oleh Qualcomm pada November 2015 lalu di Amerika Serikat. Dapat dikatakan, dengan pengenalan Snapdragon 820 di Beijing ini, Snapdragon 820 sudah memulai debutnya di wilayah Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.