Begini Cara Snapdragon 820 Meredam Panas Berlebih

Kompas.com - 14/12/2015, 12:37 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
BEIJING, KOMPAS.com - Qualcomm mendapat banyak cibiran saat merilis chipset mobile Snapdragon 810. Pasalnya, meski memiliki performa yang tinggi, System on Chip (SoC) itu acap kali mengalami panas berlebih atau overheat.

Qualcomm tenty tidak mau "catatan buruk" itu terulang kembali di chipset high-end terbarunya, Snapdragon 820.

Setelah putar otak, Qualcomm akhirnya berhasil menemukan sebuah cara untuk meredam panas tersebut, yakni dengan membuat sistem konsumsi daya yang lebih efisien dari produk seri sebelumnya.

Menurut Tim McDonough, VP Marketing Qualcomm, penyebab terbesar dari panas berlebih adalah konsumsi daya yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, perusahaan tersebut sengaja mencari cara baru untuk mengoptimalkan konsumsi daya dari chipset.

"Berkat konsumsi daya yang lebih efisien, Snapdragon 820 bisa lebih dingin dari produk sebelumnya," ujar McDonough kepada KompasTekno di Beijing, China, Jumat (11/12/2015).

Pengujian sementara, tidak terlalu panas

Penasaran dengan klaim tersebut, KompasTekno mencoba mengukur suhu dari purwarupa yang disediakan oleh Qualcomm dalam acara pengenalan Snapdragon 820 di Beijing, China.

Pengukuran suhu dilakukan dengan cara "menyiksa" perangkat tersebut, yakni menjalankan beberapa aplikasi benchmark secara terus menerus selama sekitar setengah jam.

Aplikasi benchmark biasanya memang bakal memaksa smartphone bekerja secara maksimal sehingga dapat diukur nilai dan juga suhu perangkat sehabis bekerja keras.

Menurut hasil uji coba, temperatur perangkat benar-benar dapat terjaga di suhu yang ideal, yaitu antara 34 hingga 37 derajat Celcius.

Sebelumnya, chipset Snapdragon 810 sering dilaporkan mengalami panas yang berlebih. Hasil pengujian memperlihatkan perangkat yang didukung perangkat tersebut bisa memiliki suhu dari 40 derajat hingga 47 derajat Celcius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.